Tingkatkan Pertahanan Aspek Darat, Kodim 0734/Kota Yka Gelar Bin RT RW

KBRN, Yogyakarta : Kodim 0734/Kota Yogyakarta melaksanakan kegiatan Pembinaan Rencana Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat TA. 2021, yang dipimpin oleh KOmandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P., M.SI, bertempat di Aula Amarta Makodim 0734/Kota Yka Jalan AM. Sangaji, Jetis, Yogyakarta, Selasa (21/9/2021).

Dengan dilaksanakan Pembinaan Sosialisasi diharapkaN bisa memberikan petunjuk dan pedoman bagi satuan Koramil jajaran Kodim 0734/Kota Yogyakarta dalam melaksanakan Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat di wilayah masing-masing.

Dandim menyampaikan bahwa, NKRI merupakan kesatuan wadah meliputi darat, laut dan udara. Salah satu upaya pengelolaan wilayah adalah melalui penataan ruang nasional yang diselenggarakan secara terencana dan terpadu oleh pemerintah dengan melibatkan segenap masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

“Penataan ruang nasional pada hakikatnya mencakup aspek yang saling terkait satu dengan yang lain, yakni aspek pertahanan dan kesejahteraan. Tentunya ini memerlukan penanganan khusus yang sudah diatur dalam peraturan Pemerintah RI No. 68 TA. 2014 tentang penataan wilayah pertahanan Negara,” ucap Dandim.

Lebih lanjut Dandim menambahkan, sedangkan tugas TNI AD sesuai UU RI N0. 34 TA. 2004 pada pasal 8d yaitu melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat untuk membantu pemerintah menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan yang dipersiapkan secara dini meliputi wilayah pertahanan beserta kekuatan pendukungnya untuk melaksanakan kepentingan Pertahanan Negara sesuai dengan sistem Pertahanan Semesta.

Mengakhiri sambutan Dandim mengharapkan, agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga semua materi yang disampaikan dapat dipahami sepenuhnya. 

“Gunakan kesempatan baik ini untuk memperoleh bekal pengetahuan sebanyak-banyaknya. Pahami maksud dan tujuan kegiatan ini, ada hal yang belum jelas segera tanyakan, sehingga kita jadi mengerti dan paham,” pungkas Dandim.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00