Brigjen Slamet Minta Anggota Polda DIY Sucikan Nilai Tribrata

KBRN, Yogyakarta: Wakapolda DIY Brigjen Polisi R Slamet Santoso SH SIK, Rabu (23/6/2021) siang, memimpin upacara pemuliaan nilai-nilai Tribrata atau pencucian Pataka Polda DIY yang disebut “Manggala Naya Wiwarottama”. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Anton Sudjarwo Polda DIY dalam rangka rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-75 tahun 2021.

Seluruh pejabat utama Polda DIY hadir dalam kegiatan yang digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Wakapolda DIY Brigjen Slamet Santoso kepada pewarta menjelaskan, upacara pencucian tersebut dimaknai sebagai pembersihan hati dan jiwa dari hal-hal negatif sehingga para personel Polri dapat melaksanakan tugas dalam melayani masyarakat secara baik.

"Tradisi pencucian pataka ini wajib dilaksanakan, dengan prosesi ini kita mengenang apa saja yang telah kita berikan kepada nusa dan bangsa selama mengabdi sebagai anggota Polri,” ujarnya usai pencucian pataka.

Wakapolda kelahiran Yogyakarta itu menambahkan pencucian pataka merupakan agenda sakral Polri yang wajib dilaksanakan setiap tahunnya dalam memperingati Hari Bhayangkara.

“Dengan pencucian Pataka kita pun berupaya membersihkan hati dan jiwa personil selama bertugas menjadi bersemangat dalam melayani masyarakat,” ucap Slamet Santoso.

Selain pencucian Pataka, Polda DIY juga menggelar beberapa kegiatan dalm rangkaian peringatan Hari Bhayangkara. Di antaranya anjangsana ke sesepuh yang pernah menjabat sebagai Kapolda DIY, ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara.

“Kami juga akan menggelar beberapa kegiatan bakti sosial seperti vaksinasi massal yang rencananya digelar pada Sabtu (26/6/2021) mendatang,” kata dia.

Setelah pelaksanaan upacara tersebut digelar doa bersama di Masjid Babussalam Polda DIY. Wakapolda pun mengingatkan, tantangan tugas Polri ke depan tentunya semakin berat di tengah pandemi Covid-19.

“Maka momentum ini harus dijadikan wahana ber-muhasabah agar ke depan Polri dapat menjalankan tugas dengan baik dan profesional,” tandasnya. (ros)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00