Tiga Bidang Studi di UGM Menjadi yang Terbaik di Indonesia

KBRN, Sleman : Sub Studi Geografi Universitas Gadjah Mada (UMG) berhasil menjadi yang terbaik di Indonesia dari hasil pemeringkatan 'Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) by Subject 2021'. Sekaligus peringkat keempat terbaik di Asia Tenggara dan 25 di Asia. Dalam QS WUR by Subject 2021 ini UGM masuk ke peringkat 350 besar dunia atas penilaian untuk tiga bidang studi, yakni Sciences & Management, Arts & Humanities, dan Engineering & Technology.

Dari lima bidang studi dan 38 sub-bidang studi UGM yang menerima penilaian tahun ini, Bisnis dan Manajemen serta Sosiologi juga menjadi yang terbaik di Indonesia. Akunting dan finansial, ekonomi dan ekonometrik berada di peringkat kedua, sementara hukum pada peringkat ketiga. QS juga menempatkan UGM di peringkat kedua bidang studi teknik dan kimia, peringkat ketiga untuk ilmu komputer dan sistem informasi.

Penilaian QS WUR by Subject ini dilakukan di berbagai negara di seluruh dunia dengan dominasi dari negara-negara maju di dunia akademik, penelitian dan publikasi, seperti Amerika Serikat, Cina, Perancis, India, dan Inggris.

Terdapat empat kriteria utama yang mendasari pemeringkatan  oleh QS ini, yaitu reputasi akademik, reputasi lulusan, jumlah sitasi publikasi, dan h-index atau tolok ukur produktivitas dan dampak dari hasil publikasi yang diterbikan dosen dan peneliti. (Dev)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00