Perumda Air Minum 'Tirta Binangun' Peduli Pendidikan

KBRN, Kulon Progo : Sebagai upaya membantu menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sekaligus mendukung dunia pendidikan, Perusahaan Umum  Daerah (Perumda) Air Minum 'Tirta Binangun' Kulon Progo melakukan MoU dengan SMK Negeri 2 Pengasih, Selasa (26/1).

Sejumlah program akan dijalankan, pasca MoU tersebut mulai dari Praktek Kerja Lapangan, Teaching Industri, Guru Tamu, hingga perekrutan. 

Direktur Perumda Air Minum Tirta Binangun Kulon Progo, Jumantoro mengatakan, pihaknya mengajak SMK Negeri 2 Pengasih untuk menyediakan sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan oleh Perumda Tirta Binangun, untuk menjawab tantangan kebutuhan kedepan. 

"Kami ingin SDM yang profesional, dan didukung dengan sekolah yang juga profesional dan mumpuni sehingga mampu menjawab tantangan kami kedepan," ujar Jumantoro, di SMK Negeri 2 Pengasih, Selasa (26/1/2021).

Jumantoro menjelaskan, pihaknya tidak ingin menyediakan SDM sendiri. Justru yang diinginkan yaitu menyiapkan bersama dengan sekolah, untuk memudahkan perekrutan karyawan yang berkualitas. 

"Harapannya lulusan bisa kami rekrut menjadi pegawai di Peruma Tirta Binangun. Endingnya itu," ungkapnya.

Setelah MoU tersebut, harapannya akan segera ada langkah nyata. Salah satu contoh yang bisa dilakukan adalah penyediaan suku cadang yang sebetulnya bisa dibuat di SMK. 

"Jika bisa, hal ini tentu luar biasa karena SMK dan anak didiknya diberdayakan. Disisi lain, kebutuhan peralatan dari Perumda Air Minum Tirta Binangun bisa disediakan," ungkap Jumantoro.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Pengasih, Sumarno mengharapkan, kerjasama tersebut bisa meningkatkan kinerja sekolah dalam rangka menghasilkan lulusan yang berkualitas dan pemberdayaan sarana prasarana yang ada.

"Kami berharap SDM lulusan kami bisa semakin berkualitas, sehingga memenuhi kebutuhan Perumda Air Minum Tirta Binangun. Kami ingin menyiapkan dari perencanaan, proses hingga hasil," tutur Sumarno.

Kepala Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Kulon Progo, Rudy Prakanto mengatakan, pihaknya mendukung penuh kerja sama tersebut. 

"Mudah-mudahan kerjasama ini bisa ditiru oleh sekolah lain sehingga membantu proses pembelajaran di SMK sehingga memiliki potensi yang bisa direkrut dan diterima di dunia usaha. Sehebat apapun sekolah, jika lulusannya tidak mampu diserap di dunia kerja maka itu sebuah ke sia-siaan," ungkapnya.

Rudy menilai, MoU tersebut sangat luar biasa karena mendukung Daerah Kulon Progo. 

"Mudah-mudahan kerjasama ini menjadi berkah dan kebaikan untuk sekolah dan Perumda Air Minum Tirta Binangun," pungkasnya. (hrn/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00