625 Tim Mahasiswa Meriahkan PIMNAS ke-33 di UGM

KBRN, Sleman : Universitas Gadjah Mada menjadi tuan rumah gelaran Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 33 yang akan berlangsung hingga 28 November. Sebanyak 625 tim Program Kreativitas Mahasiswa dari 101 Perguruan Tinggi di Indonesia berkompetisi di ajang itu.

Wakil Ketua PIMNAS ke 33, Drg. Henri Susanto dalam jumpa pers yang digelar Kamis (26/11/2020) mengatakan, pelaksanaan PIMNAS kali ini digelar secara daring, karena harus berlangsung di tengah pandemi covid-19. Sementara tim juri melakukan penilaian secara luring dan daring di kampus UGM dengan protokol kesehatan.

“Jadi ada 31 kelas presentasi yang penilaiannya bertempat di FEB UGM dan untuk kategori poster di GSP UGM. Sementara untuk tim mahasiswa presentasi secara daring,” jelasnya.

Sekretaris Juri PIMNAS ke-33, Prof. Nuni Gofar, M.S., menyampaikan, kegiatan PIMNAS tahun ini mengusung tema 'Menempa Generasi Kreatif dan Mandiri di Masa Pandemi Dengan Semangat Kampus Merdeka'. Pimnas diikuti sebanyak 2.918 mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Sebelum masuk PIMNAS, seluruh peserta harus melewati serangkaian proses seleksi yang dimulai dari proposal hingga monitoring dan evaluasi. Total ada 95 dewan juri yang melakukan penilaian terbagi menjadi luring sebanyak 75 juri dan daring sebanyak 25 juri.

“Ada 57.723 proposal yang masuk dari PKM lima bidang, yakni penelitian eksakta, sosial humaniora, kewirausahaan, pengabdian masyarakat, terapan teknologi, dan karsa cipta,” urainya.

Para mahasiswa ini akan memperebutkan medali emas, perak, perunggu, dan juga juara favorit dengan keseluruhan medali mencapai 217.

Sementara Ketua Pokja Bidang Pendidikan Tinggi Puspresnas Kemdikbud RI, Yas Ahmad Adha mengatakan, terjadi peningkatan jumlah tim PKM yang lolos ke PIMNAS dari tahun ke tahun. Dari 420 di tahun 2018, 480 di tahun 2019, dan 625 di tahun ini. Ia pun mengapresiasi karena di tengah pandemic, para mahasiswa masih bisa berkreasi. (dev/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00