Guru Agen Perubahan Sekaligus Insan Pembelajar

Peringatan Hari Guru dan PGRI ke 75 di Sleman

KBRN, Sleman : Seiring perkembangan jaman, guru merupakan agent of change atau agen perubahan. Seorang agen perubahan harus memiliki semangat berubah dan menjadi pribadi pembelajar yang haus akan ilmu pengetahuan. Hal tersebut disampaikan Bupati Sleman dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Sleman, Harda Kiswaya pada acara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-75 PGRI di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Sleman, Rabu (25/11/2020).

Bupati menyatakan bahwa tantangan yang dihadapi oleh para pendidik kedepan akan semakin kompleks namun juga menarik. PGRI sebagai organisasi profesi juga ditantang agar mampu menggerakkan guru, pendidik dan tenaga kependidikan untuk memberikan andil tidak hanya dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

“Tetapi lebih dari itu, harus merasa terpanggil untuk ikut melahirkan pemikiran tranbsformatifndalam pengembangan kebijakan pemerintah serta melahirkan gagasan dan tindakan inovatif sesuai tantangan abad 21,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sleman juga mengajak semua guru untuk terus berkreatifitas dan juga tetap menunjukkan dedikasi yang sangat dibutuhkan didalam situasi pandemi saat ini agar proses pembelajaran dapat berjalan maksimal.

“Pembelajaran di dalam kelas adalah metode terbaik dalam belajar mengajar. Namun demikian  di saat pandemi ini para guru dituntut untuk mampu beradaptasi dengan melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring,” tambahnya.

 Sementara itu Ketua PGRI Sleman, Sudiyo mengatakan bahwa peringatan Hari Guru dan HUT PGRI tahun 2020 ini diselenggarakan secara sederhana karena kondisi pandemi. Adapun tema yang diangkat pada Hari Guru Nasional dan HUT PGRI di Kabupaten Sleman tahun ini adalah ‘Kreatifitas dan Dedikasi Guru Menuju Indonesia Maju’. (koes/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00