FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Kemenkes Luncurkan Kampus Sehat

KBRN, Sleman : Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan meluncurkan Kampus Sehat dan Seminar Nasional Health Promoting University di UPN Veteran Yogyakarta, Kamis (19/11/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Prof. Nizam mengatakan, kampus sehat berarti bebas dari narkoba, miras, asap rokok, dan setiap warganya harus sehat jasmani dengan rajin berolahraga, serta sehat mental, spiritual, dan lingkungan. Hal ini bisa tercipta melalui kantin yang bersih dengan makanan bergizi serta lingkungan kampus yang hijau dan nyaman.

“Juga aman bebas perundungan, kekerasan seksual, dan ancaman-ancaman yang ada di kampus, nyaman bersih, ramah difabel, dan tidak ada faham ekstrim maupun eksklusif. Semua itu harus diwujudkan untuk melahirkan SDM yang unggul,” urainya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto berharap agar para mahasiswa bisa menjadi agen perubahan dalam rangka promosi kesehatan dan pencegahan penyakit, baik yang menular maupun tidak, sehingga k edepan seluruh lembaga pendidikan tingi bisa jadi kampus sehat, siaga Covid-19.

“Implementasi ini juga untuk pembudayaan masyarakat hidup sehat, atau germas di kampus, khususnya saat ini pencegahan penyakit menular seperti covid-19,” tegasnya.

Sementara Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes, dr. Kirana Pritasari mengatakan. ada 20 Perguruan Tinggi, menandatangani komitmen kampus sehat. Dengan beberapa di antaranya ada di Yogyakarta, seperti UPN Veteran Yogyakarta, UNY, dan UAD yang memberikan contoh dukungan pembangunan kesehatan di kampusnya.

Selain itu ia juga menyebut sebagian besar perguruan tinggi yang berkomitmen ini di luar bidang kesehatan. Mereka kemudian menjadi bagian dari perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah menyatakan sebagai health promoting university yang megedepankan upaya kesehatan.  (dev/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00