FOKUS: #KASUS DANA BANSOS

Mahfud MD: Masyarakat Bisa Tempuh Judicial dan Legislatif Review UU Ciptakerja

mahfud_md

KBRN, Sleman : Menkopolhukam, Mahfud MD mempersilahkan mereka yang tidak setuju dengan UU Ciptakerja yang telah disahkan untuk menempuh dua jalur. Hal ini disampaikannya dalam forum 'Telaah UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja' yang digelar UGM dan Dewan Pakar Kagama UGM, Selasa (17/11/2020).

Langkah pertama menurut Mahfud, yakni melalui judicial review di MK, di mana hal ini sudah ada yang menempuh. Kemudian kedua melalui legislative review. Namun, ada langkah ketiga, bisa ditempuh oleh masyarakat yakni melalui Tim Pokja yang dibentuk pemerintah. Di mana mereka bisa menyampaikan pendapat melalui tim tersebut untuk bisa dimasukkan dalam perundang-undangan turunan.

“Ajukan judicial review, kalau ngga bisa ya legislative review,” tegas Mahfud.

Sementara itu Rektor UGM, Panut Mulyono, dalam kesempatan yang sama mengatakan, forum ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman, transparansi, dan semangat UU ini, bagi semua peserta baik itu pemerintah, pengusaha, maupun pekerja untuk menyampaikan ide, gagasan, dan usulan untuk penyempurnaan.

“Forum ini juga diharapkan bisa memberi pemahaman tentang latar belakang, urgensi, dan isi dari UU Ciptaker ini. Sekaligus memberikan gambaran tentang pelaksanaan UU ini ke depan sebagai solusi permasalahan bangsa,” ujar Panut.

Turut hadir sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut yakni Menko Manives Luhut Binsar Panjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur Jawa Tengah dan Ketua Kagama Ganjar Pranowo, serta sejumlah pengajar UGM.

Dari kalangan mahasiswa sendiri menyampaikan kritik terhadap forum ini. Hal ini disampaikan Ketua BEM UGM, Sulthan Farras di akun media sosialnya yang menyebutnya sebagai panggung politisi dan jauh dari kaidah akademik. (dev/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00