Pengabdian Dosen, Tingkatkan Potensi Warga Hargomulyo

Penyerahan Peralatan Produksi Pengolah Makanan Ringan oleh Suratna, M.AB (Ketua Tim Pengabdian Masyarakat UPNVY) kepada Endang Lestari, selaku Ketua Kelompok didampingi anggota Kelompok Tani Wanita Mekar Usaha Hargomulyo, Kokap, Kulonprogo. (Sumber : Dok.Tim Hibah Pengabdian Masyarakat UPNVY)

KBRN, Yogyakarta : Tim Dosen UPN Veteran Yogyakarta melalui Program Hibah Pengabdian Masyarakat Internal UPN Veteran Yogyakarta 2020 melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada Kelompok Tani Mekar Usaha Desa Hargomulyo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulonprogo.

Ketua Tim dosen Suratna, S.Sos, M, AB mengatakan, pengabdian masyarakat dilakukan sebagai upaya pengembangan kapasitas Kelompok Wanita Tani Mekar Usaha Desa Hargomulyo melalui pengolahan produk hasil tanaman perkebunan menjadi produk olahan berupa makanan ringan.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan dilakukan mulai dari pelatihan pembuatan produk hasil kebun menjadi makanan ringan, pelatihan pengelolaan usaha, fasilitasi pengadaan peralatan produksi makanan ringan, pendampingan pengurusan Ijin Industri Rumah Tangga dan Merk Usaha serta pendampingan pembuatan kemasan produk makanan ringan.

"Kegiatan pengabdian masyarakat ini dimaksudkan agar kelompok wanita tani tersebut dapat meningkatkan kemampuan dalam mengelola usaha  skala rumah tangga berbasis hasil pertanian dan perkebunan," katanya di Yogyakarta, Minggu (25/10/2020).

Dengan melakukan optimalisasi ditambahkan Suratna, potensi Desa Hargomulyo yang dikenal memiliki kondisi tanah yang subur dan menghasilkan banyak produk perkebunan melalui budidaya tanaman pisang, gadung, gembili, garut, kimpul/talas, uwi, kolang kaling, yang dapat dipergunakan sebagai sumber bahan baku untuk produksi makanan ringan.

Di samping itu dijelaskannya, upaya ini juga dapat dipergunakan juga untuk meningkatkan pendapatan keluarga melalui kegiatan ekonomi produktif, memberdayakan anggota wanita tani melalui kegiatan yang menambah pengetahuan dan ketrampilan dan meningkatkan nilai tambah ekonomi melalui pengolahan hasil tanaman perkebunan menjadi produk olahan yang memiliki nilai tambah ekonomi yang lebih tinggi.

Adapun urgensi dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sebagai upaya solutif atas kendala yang dihadapi Kelompok Wanita Tani Mekar Usaha dalam hal keterbatasan kemampuan dalam pengolahan hasil pertanian dan sebagian besar anggota hanya berfokus pada pengolahan nira kelapa menjadi gula merah.

"Dengan demikian kegiatan ini diharapkan dapat peluang yang lebih besar bagi para anggota Kelompok Wanita Tani dalam melakukan pengembangan kapasitas dalam melakukan kegiatan ekonomi produktif berbasis hasil tanaman perkebunan setempat," jelasnya.

Adanya Program Pengabdian Masyarakat ini selain merupakan perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi civitas akademika UPN Veteran Yogyakarta, juga memiliki nilai strategis kepada mitra dan wilayah yang menjadi sasaran pengabdian masyarakat dalam aspek penguatan kapasitas kelompok masyarakat dan ekonomi keluarga, dalam hal ini Kelompok Wanita Tani Mekar Usaha dan pengembangan kegiatan ekonomi produktif desa Hargomulyo serta berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kulonprogo.

Tahapan kegiatan dalam Program Pengabdian Masyarakat ini diawali dengan melakukan sosialisasi Program kepada Kelompok Wanita Tani Mekar Usaha, kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan makanan ringan dan manajemen usaha. Tahapan berikutnya adalah melakukan fasilitasi berupa pengadaan peralatan pengolahan hasil pertanian menjadi produk makanan ringan berbahan baku singkong, kelapa dan pisang, peralatan pembuatan kemasan produk makanan ringan, berikutnya adalah pendampingan dalam hal pengajuan Industri Rumah Tangga (PIRT) pada pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo dan pendaftaran merk produk  pada Kanwil Kemenhumham DIY dan pendampingan pembuatan desain kemasan produk makanan ringan.

Sementara tim dosen yang diketuai Suratna, S.Sos, M, AB beranggotakan Dr. Adi Soeprapto, Dr. Susanta dan Simon Pulung, S.Kom., M.Cs. (ian)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00