DPK Gunungkidul Luncurkan Gerakan Donasi Buku

KBRN, Gunungkidul : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Gunungkidul, D.I Yogyakarta meluncurkan gerakan 'Sajisaka' atau Satu Jiwa Satu Pustaka. Program ini akan menjadi gerakan penggelangan donasi buku.

Kepala DPK Gunungkidul, Ali Ridlo mengatakan, melalui program ini diharapkan akan banyak bantuan buku dari masyarakat untuk memenuhi kebutuhan buku hingga tingkat kalurahan.

“Sejak Tahun 2019 permintaan buku bacaan di tingkat kalurahan tidak sebanding dengan jumlah buku hibah yang tersedia,” kata Ali disela peluncuran Sajisaka di Rumah Dinas Bupati, Kamis (22/10/2020).

Ia menyebutkan, penggalangan donasi ini diharapkan datang dari masyarakat, perseorangan, hingga lembaga pemerintahan, swasta, dan komunitas.

Konsep gerakan Sajisaka ini, lanjutnya, dilakukan dengan menempatkan kotak-kotak donasi buku di berbagai lokasi strategis. Pada tahap awal ini, Ali mengatakan ada 5 lokasi publik yang mendapatkan kotak donasi tersebut.

Ali menargetkan minimal ada 500 eksemplar buku yang didonasikan oleh masyarakat. Selanjutnya, buku-buku tersebut akan didistribusikan ke tempat yang membutuhkan oleh tim dari DPK.

"Tahap awal kami tempatkan di Kantor Sekretariat Daerah (Setda), DPK, DPMPT, BPD DIY, serta Balai Kalurahan Pengkol," ujarnya.

Lewat program diharapkan seluruh lapisan masyarakat terlibat aktif dalam gerakan ini. Karena itu, pihak Pemkab Gunungkidul memberikan apresiasi Gerakan Sajisaka karena mendukung tumbuhnya minat baca di masyarakat. Sebab peningkatan literasi sangat erat kaitannya dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berkualitas, dan berdaya saing.

Acara peluncuran tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait. Antara lain Kepala DPMPT Gunungkidul Irawan Jatmiko dan Pimpinan Cabang Bank BPD DIY Arif Wijayanto. (wib/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00