Kerjasama Lintas Disiplin Ilmu Diperlukan di Era Digital

KBRN, Sleman : Kuliah perdana kelas Kewirausahaan Sosial FISIPOL UGM digelar pada Jumat (18/9/2020). Hadir dalam kegiatan tersebut Mensesneg Pratikno yang juga merupakan penggagas kelas kewirausahaan sosial tersebut.

Mensesneg Pratikno mengatakan, anak muda jangan  hanya bisa  complain, tetapi juga harus menjad bagian dari solusi. Sementara di era saat ini pemecahan masalah menurutnya harus dilakukan dengan kerjasama berbagai disiplin ilmu. Sehingga dibutuhkan kolaborasi yang baik dari keilmuan sosial humaniora dengan eksaksta atau teknik.

“Kalau sekarang kita di dunia digital, ilmuwan sosial humaniora sangat terlambat kalau tidak memanfaatkan teknologi digital misalnya, minimal orang sosial jadi digital user, tapi seorang ilmuwan sosial juga akan punya kontribusi untuk tekno preneur,” ungkapnya.

Sementara itu,  Dekan FISIPOL UGM, Erwan Agus Purwanto mengungkapkan,  Indonesia saat ini masih membutuhkan banyak start up atau wirausaha pemula yang mampu memberikan ide kreatif dan inovatif untuk menjadi solusi masalah bangsa. Orang-orang muda menurutnya diharapkan bisa berkontribusi dalam memecahkan persoalan bangsa ini.

Program kelas kewirausahaan sosial sendiri digagas oleh Departemen Politik dan Pemerintahan FISIPOL UGM dan didukung oleh Pusat Inovasi dan Kajian Akademik UGM. Terdapat tiga metode pembelajaran yang dijalankan dalam kelas ini, yaitu Polgov Talks, kelas inspirasi, dan mentoring dari berbagai pimpinan perusahaan dan mitra kolaborator. (dev/ryt/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00