Mahasiswa UNY Lolos Beasiswa Internasional

KBRN, Sleman : Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) merupakan program bergengsi yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2021.

Program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini didukung dengan pendanaan dari LPDP untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia merasakan pembelajaran secara langsung selama satu semester di kampus mitra luar negeri. 

Kampus yang menjadi host university mahasiswa awardee IISMA adalah kampus terbaik (Top 10) yang ada di negara masing-masing maupun menurut perangkingan global.

Pada tahun pertama penyelenggaraannya, terdapat 1000 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia yang berhasil diterima menjadi penerima beasiswa IISMA. 

Mahasiswa yang berhasil lolos program IISMA adalah mahasiswa terpilih dengan talenta dan potensi yang luar biasa mengingat ketatnya proses seleksi IISMA.

Tahapan seleksi IISMA ini sendiri terdiri atas beberapa tahapan mulai dari seleksi berkas dan administrasi, tes Kebhinekaan, dan terakhir adalah seleksi wawancara.

Tahapan yang panjang ini tentu saja membutuhkan dedikasi dan usaha yang kuat sehingga bisa melewati setiap tahapan yang ada.

Pada tahun 2022 ini, sebanyak 5 mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta berhasil lolos menjadi awardee IISMA setelah dimana mereka harus bersaing dengan 7.501 mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Dengan lolosnya mereka membuktikan bahwa mahasiswa UNY memiliki kualitas untuk bersaing baik dikancah nasional dan internasional. Lima mahasiswa yang berhasil lolos ini adalah Duta Prasetyo Aji, mahasiswa Prodi S1 Psikologi FIP, ke Chulalongkorn University (Thailand), Dinasti Hanggara Praja ke University of Glasgow (Skotlandia, Inggris).

Kemudian Aulia Zahro Wahdani ke University of Pĕcs (Hungaria), Cornelia Maharani Verrent ke University College Cork (Irlandia) dan Reztha Audia Yusicka Chulalongkorn University (Thailand). 

Lima mahasiswa yang lolos tahun ini mendapat pendampingan dari Kantor Layanan Internasional (KLI) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mulai dari seleksi tahap pertama hingga tahap terakhir program IISMA 2022. (ws)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar