Hari Pramuka, Mengabdi Tanpa Batas

KBRN, Yogyakarta :  Hari Pramuka ke-61 yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus 2022 menjadi momentum penting untuk meningkatkan kebersamaan dan kepedulian.

Seperti yang dikutip dalam Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 062 Tahun 2022, terkait dengan Logo Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022. Angka 6 dan 1 merupakan Ulang Tahun yang ke -61. Angka 6 hasil stilasi dari kelopak Tunas Kelapa serta angka 1 yang menopang logogram tunas kelapa dengan tegak  berkesan kokoh.

Logo type Pramuka dan ‘Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa, adalah tema Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022. 

Masyarakat dapat memeriahkan peringatan hari Pramuka dengan mengunggah foto dengan aplikasi twibbon gratis yang dapat dikirim whatsapp, twitter, instagram, youtube dan media sosial lainnya. 

Terkait hal itu, Kemantren Danurejan melakukan aksi bersih-bersih sampah yang diikuti oleh oleh pramuka siaga siswa SD, pramuka penggalang siswa SMP, pramuka penegak siswa SMK, Pembina pendamping masing-masing di sekolah, Babinsa dan personel kemantren Danurejan pada Jumat (12/08/2022). 

Marlina Dwi Hayati, Guru SD Negeri Tegalpanggung mengatakan menyongsong Hari Pramuka  diselenggarakan kerja bakti sekolah-sekolah di wilayah Kemantren Danurejan.   

"Dari sekolah- sekolah bersih-bersih sampah dari sepanjang jalan Hayam Wuruk pertigaan rel kereta api Lempuyangan dan Jalan Tegalpanggung," tegasnya. 

Acara selanjutnya tanggal 15 Agustus 2022 upacara hari Pramuka Senin Sore jam 15.00 di SD Lempuyangan yang diundang semua sekolah di Kemantren Danurejan.

"Bisa kerjasama sekolah dengan Kemantren untuk pramuka lebih maju lagi dan pramuka bermanfaat melatih kedisiplinan di sekolah masing-masing. Dari SD umur 7 tahun kelas 1 sudah mulai diajak pramuka," jelasnya. 

Marlina berharap  sekolah dapat meningkatkan kegiatan kepramukaan melalui kepanduan mampu membentuk karakter serta menumbuhkan kemandirian. (mon/yahya).  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar