UMY Perkuat Kolaborasi Internasional di Eropa

KBRN, Yogyakarta : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengambil peran untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas pembelajaran, melalui riset kolaborasi internasional yang menghasilkan inovasi.

Hal ini dibuktikan dengan keikutsertaan UMY dalam kegiatan Joint Working Group (JWG) Indonesia -Prancis ke-12 pada akhir Juni lalu, di Universitas Politeknik Hauts-de-France (UPHF) Valenciennes.

Sejauh ini, UMY berhasil menjalin kolaborasi riset dan pengembangan SDM dengan beberapa Institusi Pendidikan di Prancis, diantaranya Universite Bourgogne Franche-Comte, Institut National Des Sciences Appliduees Hauts-De- France, dan Universite Technologie Troyes.

Melalui JWG ke-12 ini pula, UMY kembali memperkuat kolaborasi kerjasamanya dengan institusi-institusi di benua Eropa.

JWG sendiri merupakan agenda rutin dua tahunan pertemuan dan pertukaran mengenai kolaborasi kedua negara yang sedang berjalan dan atau yang akan datang.

Agenda diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi Prancis (MESRI), Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi Indonesia, dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Prancis di Indonesia dan Institut Français Indonesia.

"Ada tiga poin penting yang menjadi tawaran kerjasama UMY. Yakni, pengembangan dan implementasi kerjasama dengan universitas dan badan riset Prancis, promosi UMY untuk mendapatkan mahasiswa asing dari Prancis dan Eropa," kata Rektor UMY Profesor Gunawan  Budiyanto melalui pernyataan tertulis, Senin (4/7/2022).

Kemudian point ke tiga kata Rektor, yaitu pengembangan bridging program untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM),” ucap Gunawan. (ws)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar