Danone Luncurkan PAUD Generasi Maju dan Sosialisasi Program Isi Piringku di Taman Pintar Yogyakarta

KBRN, Yogyakarta :  Dalam rangka perayaan Hari Keluarga Nasional, Pemerintah Yogyakarta bekerja dengan sama Danone Indonesia meluncurkan kembali PAUD Generasi Maju dan penandatangan kerja sama, sekaligus kick off sosialisasi Isi Piringku, di Taman Pintar Yogyakarta, Jumat (1/7/2022).

Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi menyatakan, Pemerintah Kota mengapresiasi kontribusi Danone Indonesia dalam membawa kesehatan kepada masyarakat melalui program-program pemenuhan nutrisi dan kegiatan edukasi, salah satunya dengan mendukung sarana dan prasarana edukasi Zona PAUD di Taman Pintar.

“Hal ini sejalan dengan program kami yaitu untuk memajukan pendidikan dan kesehatan khususnya anak-anak usia dini. Kami berharap wahana ini dapat melengkapi upaya pemerintah dalam menyiapkan ruang publik yang mendukung tumbuh kembang anak,” kata Sumadi.

Sejak 2006, lanjut Pj Walikota, Danone telah menjadi pendukung sarana edukasi di area Taman Pintar. Tahun 2022, membantu proses renovasi dan pembaruan alat peraga interaktif dengan mengangkat nilai kesehatan dan kelestarian lingkungan yang terbagi menjadi dua lokasi yaitu PAUD Timur dan Barat.

Pembangunan kedua PAUD ditujukan sebagai sarana bermain dan belajar untuk mendukung pengembangan kecerdasan, pengetahuan, dan motorik bagi anak-anak usia dini pengunjung Taman Pintar. PAUD Generasi Maju - Taman Pintar dilengkapi alat peraga interaktif untuk memperkenalkan pengetahuan kesehatan, gizi seimbang, dan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) tanpa meninggalkan konsep bermain.

PAUD Timur untuk motorik anak terdiri dari, ruang ragam Istiadat, playground (aktivitas fisik), robotik, musik, Panggung Budaya serta ruang Sahabat Ibu dan Anak. PAUD Barat untuk memicu fungsi kognitif terdiri dari ruang edukasi Sampahku Tanggung Jawabku (Samtaku), balok susun, arena bermain bertema perkotaan,  pemadam kebakaran.

Pada kesempatan itu, Ketua POKJA Ibu PAUD Yogyakarta - Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Paku Alam X mengatakan, bahwa setiap anak memiliki hak yang sama untuk mendapatkan dukungan tumbuh kembang. Untuk itu, anak memerlukan pendidikan, pengasuhan, gizi, kesehatan, dan perlindungan secara optimal.

“Masih tingginya angka stunting di Indonesia, membuat Kelompok Kerja (POKJA) Ibu PAUD DIY memiliki program prioritas untuk mewujudkan PAUD yang berkualitas melalui layanan PAUD Holistik Integratif dan berbudaya dengan memberikan layanan kepada anak, khususnya dalam hal edukasi dan nutrisi. Saya mewakili pegiat PAUD di DIY sangat mengapresiasi inisiatif Danone yang terus melakukan upaya penanganan stunting dengan cara komprehensif baik melalui pemberian sarana atau fasilitas stimulasi anak maupun dukungan dalam bentuk edukasi yang juga terkait dengan pemenuhan nutrisi seimbang seperti melalui kampanye Isi Piringku,” terangnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar