PPDB Online, Ada Sekolah Kekurangan Murid

KBRN, Yogyakarta : Proses seleksi penerimaan siswa baru melalui PPDB online di DIY telah selesai pada Kamis (30/6/) yang kemudian dilanjutkan dengan pengumuman yang dilakukan pada Jumat (1/7/2022).  

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Didik Wardaya, SE, M.Pd menjelaskan, dari hasil seleksi tersebut jumlah siswa (kuota) di semua sekolah SMA/SMK Negeri telah terisi.

“Hampir semua sekolah SMA/SMK Negeri semua terisi, hanya ada satu dua sekolah yang tidak terisi penuh, yakni sekolah-sekolah yang berlokasi di pinggiran, yakni di Samigaluh Kulon Progo ada sekolah yang kekurangan murid,” jelasnya.

Kondisi kurang murid di wilayah pinggiran Kulon Progo ini dimaklumi oleh Didik Wardaya, mengingat jumlah lulusan di sekitar sekolah tersebut tidak banyak.

Lebih lanjut, Kepala Disdikpora DIY menguraikan tentang siswa luar daerah yang tetap bisa mendaftar di wilayah lain.

“Jadi di dalam PPDB kita, kita menggunakan empat jalur, walaupun basis utama di dalam PPDB adalah basis zonasi,” terangnya.    

Empat jalur tersebut, lanjut Didik Wardaya, yakni Jalur Zonasi minimum  55 persen, Jalur Afirmasi bagi siswa tidak mampu dan disabilitas sebesar 20 persen, Jalur Perpindahan Tugas orang tua.

“Jalur keempat adalah jalur prestasi, menggunakan nilai gabungan, yakni nilai standar pendidikan ditambah raport dan ditambah prestasi sekolah,” lanjutnya. (surya-aan).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar