Sejumlah Sekolah di Bantul Jadi Tujuan Warga Kota

Ilustrasi pelajar Bantul (dokumentasi Pemkab Bantul)

KBRN, Bantul : Sejumlah sekolah di Bantul menjadi jujugan dari para pelajar dari Kota Yogyakarta. Terutama sekolah yang memang berbatasan dengan kota Yogyakarta. Salah satunya yakni SMA N 1 Sewon yang memiliki program Kelas Keberbakatan Olahraga (KKO). Menurut Kepala Sekolah SMA N 1 Sewon, Yati Utami Purwaningsih. Dimana bahkan sejumlah siswa daerah provinsi lain juga mendaftarkan diri ke SMAnya karena adanya program tersebut.

“Kami juga punya program inklusi, siswa kami ada yang dari Jambi inklusi juga. Kalau di Sewon mereka itu sebagian karena ada di penyangga antara kota dan kabupaten Bantul, sehingga zona kami itu wilayahnya ada yang di kota di daerah Sorosutan itu malah ada anak kota masuk Bantul,” jelasnya.

Sementara itu salah seorang wali siswa, Euis juga memilih menyekolahkan anaknya di SMP Negeri yang ada di Bantul. Ia mengaku memilh SMP N 1 Banguntapan karena dari hasil penelusurannya mereka memiliki prestasi akademik yang bagus. Bahkan dibanding sejumlah SMP Negeri di kota justru SMP N 1 Banguntapan justru lebih baik.

“Kemarin daftar ke SMP N 9, tapi kelempar karena nilainya. Terus daripada ke SMP negeri di kota yang rata-rata, saya lihat zonasinya masuk juga dekat dari rumah jadinya ke SMP N 1 Banguntapan. Dia itu se-DIY peringkat 20 di bawah SMP 9 yang peringkat 19,” urainya.

Baik Yati maupun Euis pun sepakat bahwa sekolah di kabupaten tidak menjadikan sekolah mereka lebih jelek dari yang ada di kota. Bahkan sebagian sekolah itu justru menjadi jujugan dari para pelajar di kota. Salah satu yang menjadi pertimbangan orang tua menurutnya lebih pada prestasi akademik mereka. (dev)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar