UGM Anugerahkan Gelar Doktor Honoris Causa Kepada Menhub

Menhub dan Keluarga Usai Penganugerahan Gelar Dr. HC dari UGM

KBRN, Sleman : Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Penyerahan gelar dilakukan pada Senin (23/05) pagi di Balai Senat UGM.

Dalam pidatonya yang berjudul Merajut Konektivitas Nusantara Melalui Pembangunan Sistem Transportasi, Menhub menyampaikan sejumlah capaian dari sistem transportasi di Indonesia. Dimana arah pembangunannya berubah dari Jawa Sentris menjadi Indonesia Sentris. Sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

“Momentum pemberian Honoris Causa ini adalah suatu amanah bagi saya, bukan akhir pengabdian saya kepada bangsa. Justru saya diberikan tugas oleh UGM untuk memberikan sesuatu yang berarti untuk masyarakat dan bangsa Indonesia,” ujarnya kepada awak media usai penganugerahan gelar.

Sementara itu Staf Khusus Kementerian Perhubungan Bidang Ekonomi dan Investasi Transportasi, Prof. Wihana Kirana Jaya yang hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi capaian dari Menhub ini. Menurutnya Menhub telah menerapkan nilai-nilai ke-UGMan dalam program kerjanya. Tidak hanya mendeliver tetapi ia juga memastikan implementasi penerapan program tersebut sampai kepada masyarakat.

“Baik secara nilai-nilai yang kerakyatan, keadilan, keberagaman juga keberlanjutan itu ada dalam mindset Kementerian Perhubungan, yang memang kita dengan adanya pandemi banyak pemotongan anggaran tapi Pak Menteri mengajak kita untuk out of the box. Dari berpikir tradisional menjadi transformatif,” jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati. Menurutnya pidato penerimaan anugerah yang dilakukan oleh Menhub tidak hanya sebatas karya akademik. Namun, bukti nyata apa yang telah dilakukannya di dalam Kementerian Perhubungan. (dev)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar