Forpi Tetap Konsisten Pantau Hingga Hari Terakhir ASPD SMP

KBRN, Yogyakarta : Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta melakukan pemantauan terkait pelaksanaan Assesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) pada hari terakhir, Jumat (20/5/2022) di SMP Negeri 3 Kota Yogyakarta Jalan Pajeksan, dan SMP Stella Duce 1 Jalan Dagen Kota Yogyakarta. 

Pada hari keempat pelaksanaan ASPD mata pelajaran yang diujikan yakni Ilmu Pengetahuan Alam.

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Kota Yogyakarta, Suharyanti mengatakan, pelaksanaan ASPD hari terakhir pada sesi pertama berjalan dengan lancar. 

Diikuti sebanyak 201 peserta yang dibagi menjadi dua sesi yaitu pagi dan siang.

Ia menyebutkan,  kendala sempat terjadi pada hari pertama pelaksanaan ASPD di SMP Negeri 3 Kota Yogyakarta akibat gangguan jaringan internet. 

"Sempat ngelag pada sesi pertama sehingga waktu mundur. Namun hal tersebut dapat segera diatasi oleh tim teknis," ujarnya.

Sementara itu, pelaksanaan ASPD di SMP Stella Duce 1 Kota Yogyakarta diikuti sebanyak 176 siswa, yang dibagi dua sesi dengan menggunakan 5 ruangan laboratorium komputer.

Secara keseluruhan pelaksanaan ASPD bagi siswa-siswi kelas IX SMP sederajat di Kota Yogyakarta yang diikuti sebanyak 7.919 peserta berjalan lancar. 

Meskipun ada kebijakan dari pemerintah terhadap pelonggaran penggunaan masker namun dalam pemantauan Forpi Kota Yogyakarta disejumlah sekolah para peserta ujian, pengawas maupun tim teknisi menggunakan masker.

Anggota Forpi Kota Yogyakarta, Baharuddin Kamba menyampaikan, satu poin yang dapat menjadi bahan evaluasi dan perbaikan kedepannya adalah pada saat penjumputan masih ada sejumlah siswa yang masih nunggu dijemput sehingga terjadi penumpukan.

Pekan depan rencananya Forpi Kota Yogyakarta akan melakukan pemantauan terkait pelaksanaan ASPD bagi siswa-siswi kelas 6. 

"Salah satu sekolah yang akan Forpi Kota Yogyakarta pantau adalah SD Muhammadiyah Sapen Gondokusuman Yogyakarta," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar