Ova Emilia Terpilih sebagai Rektor UGM Periode 2022 – 2027

Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG (K), Ph.D. yang terpilih sebagai rektor baru UGM

KBRN, Sleman : Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Gadjah Mada telah (UGM) telah memilih dan menetapkan rektor untuk periode 2022-2027. Adalah Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG (K), Ph.D. yang terpilih sebagai rektor baru UGM.

Guru besar FK-KMK UGM ini terpilih setelah mendapatkan suara terbanyak, mengalahkan dua pesaingnya, Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto dan Prof. Dr. Eng. Ir. Deendarlianto, S.T., M.Eng.

“Kami sudah melakukan voting, dan hasilnya adalah Prof. Bambang Agus Kironoto memperoleh satu suara, Prof. Deendarlianto tiga suara, dan Prof. Ova Emilia memperoleh 21 suara. Dengan demikian calon rektor terpilih adalah Prof. Ova Emilia,” kata Ketua MWA UGM, Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc.

Pemilihan dan Penetapan Rektor ini diikuti oleh 17 anggota MWA secara luring dan 1 anggota secara daring. Anggota MWA yang hadir secara luring di antaranya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochamad Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Prof. Ova terpilih setelah melalui rangkaian proses seleksi bakal calon rektor dan pemilihan rektor yang berlangsung sejak tanggal 24 Januari 2022. Tahapan pendaftaran serta seleksi administrasi meloloskan enam bakal calon rektor yang kemudian diseleksi menjadi tiga calon rektor pada Rapat Pleno Senat Akademik pada tanggal 12 Mei lalu. Menurut rencana rektor baru UGM ini akan dilantik pada 27 Mei mendatang.

“Karena masa jabatan Rektor saat ini, Prof. Panut Mulyono, akan segera selesai, MWA akan melakukan pelantikan dalam waktu dekat,” imbuh Pratikno.

Dalam paparan strategi dan program kerja, Dekan FK-KMK UGM ini menguraikan sejumlah strategi. Diantaranya memperkuat pendidikan transdisiplin yang mendorong kewirausahaan sosial, kemandirian dan keberagaman, memperkuat pengabdian yang komprehensif dan berkesinambungan untuk penyelesaian permasalahan wilayah dengan melibatkan sivitas akademika dan alumni. Serta memperkuat atmosfer kampus yang sehat, ramah lingkungan, berbudaya dan bertanggung jawab secara sosial. (dev).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar