ASPD Diharapkan Berjalan Lancar dan Aman

Anggota Forpi Baharuddin Kamba

KBRN, Yogyakarta : Forum Pemantau Independen (Forpi) Pemerintah Kota Yogyakarta akan melakukan pemantauan terkait pelaksanaan Assesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) bagi siswa-siswi kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Yogyakarta.

"ASPD bagi kelas IX SMP maupun sederajat akan berlangsung selama empat hari. Yakni mulai Selasa hingga Jumat mendatang dan dibagi menjadi dua sesi yakni pagi dan siang hari," kata Anggota Forpi Baharuddin Kamba, Senin (16/5/2022).

Menurutnya, Forpi Kota Yogyakarta berharap segala kesiapan telah siapkan jauh hari. Mulai dari aliran listrik dipastikan selama pelaksanaan ASPD tidak dilakukan pemadaman oleh pihak PLN, jika diperlukan genset disiapkan, serta jaringan komputer beserta internet tidak mengalami kendala pada saat ujian berlangsung.

Selain itu, protokol kesehatan (Prokes) haruslah tetap menjadi perhatian. 

"Jangan sampai kendor dan abai terhadap protokol kesehatan ini. Akses pintu masuk dan keluar perlu diatur agar tidak terjadi penumpukan. Begitu pun dengan akses penjemputan," tegasnya.

Guna memastikan pelaksanaan ASPD berjalan dengan baik, Forpi Kota Yogyakarta akan melakukan pemantauan terkait pelaksanaan ASPD ini.

Pemantauan pertama dilakukan di SMP N 15 Kota Yogyakarta kemudian di SMP N 4 Kota Yogyakarta. Pemantauan dilakukan mulai pukul 08.00 WIB. Forpi Kota Yogyakarta akan melakukan pemantauan terkait pelaksanaan ASPD hingga Jumat mendatang. 

"Harapannya agar pelaksanaan ASPD tahun ini tidak ada kendala satu pun. Kalau pun ada siswa yang sedang sakit, maka tidak perlu memaksakan diri untuk ikut ujian ASPD karena ada ujian ASPD susulan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar