Gedung Perpusda Diresmikan, Minat Baca Masyarakat Diharapkan Meningkat

KBRN, Gunungkidul: Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia, Muhamad Syarif Bando meresmikan gedung layanan perpustakaan daerah Gunungkidul, Selasa (25/1/2022). Adapun gedung tiga lantai tersebut bersumber pada Dana Alokasi Khsusus bidang pendidikan senilai Rp10 milyar. 

Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando menilai, Gedung Perpusda Gunungkidul ini sebagai wujud keberpihakan pusat pada daerah. Khususnya dalam upaya peningkatan literasi sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo. 

"Peningkatan SDM bisa dilakukan dengan meningkatkan budaya literasi, jadi pembangunan gedung ini dalam rangka mempercepat target nasipnal dalam meningkatkan SDM," ujar Syarif. 

Menurutnya, dengan membaca, kemampuan masyarakat akan bertambah. Ia memberikan contoh, misalnya dengan UMKM yabg bertambah. 

"Karena membaca banyak masyarakat yang berinovasi," terang Syarif. 

Sementara Bupati Gunungkidul Sunaryanta berharap fasilitas Perpusda ini bisa dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat. Apalagi fasilitas yang ada tersedia saat ini terbilang cukup lengkap. 

Ia bersyukur lantaran mendapat dukungan dari pemerintah pusat dalam upaya pembangunan daerah. Salah satunya lewat Gedung Perpusda, yang dibangun dengan APBN. 

"Saya harap kemampuan literasi masyarakat meningkat karena itu jadi dasar menghadapi perubahan dengan baik," pungkas dia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar