Keperawatan UGM Kembangkan VR untuk Media Pembelajaran

VR yang dikembangkan Prodi Keperawatan (Dokumentasi FKKMK UGM)

KBRN, Sleman : Departemen Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM telah mengembangkan sejumlah media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Di antaranya meliputi video, aplikasi android yang memfasilitasi refleksi, game untuk pembelajaran kegawatdaruratan, webgame, dan virtual reality (VR).

VR merupakan tekonologi yang cukup kompleks dan tergolong baru dikembangkan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Saat ini, program studi Ilmu Keperawatan telah mengembangkan dua buah VR. Di mana salah satunya, menurut Sekretaris Prodi, Ariani Putri Pertiwi, bisa digunakan oleh dua orang player sekaligus.

“Penggunaan VR multiplayer ini memungkinkan interaksi di antara keduanya di dalam satu lingkungan VR yang sama,” jelasnya, Jumat (3/12/2021).

Sementara itu Ketua Prodi Keperawatan, FKKMK UGM, Haryani mengatakan teknologi memang menjadi bagian penting dalam dunia pendidikan yang dinamis saat ini.

“Pengembangan dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran tentunya dapat dilakukan dalam situasi sumberdaya yang cukup,” ujarnya.

Untuk lebih memperkenalkan produk inovasi ini, Prodi Keperawatan FKKMK UGM menggelar pameran teknologi informasi yang digunakan di pendidikan. Pameran bertajuk Never Ending Innovation for Better Quality Nursing Education ini merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat. Dimana mereka juga bisa memanfaatkan produk inovasi tersebut melalui program pelayanan yang digelar FKKMK UGM.  (dev).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar