Tingkatkan Literasi Siswa, PPPPTK Matematika Gelar ISMaTeL 2021

Jumpa pers dalam rangka ISMaTeL (ist)

KBRN, Kulon Progo : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika menyelenggarakan 2"9 International Seminar on Mathematics Teaching and Learning (ISMaTeL) tanggal 26 - 28 Oktober 2021 di Grand Rohan Jogja, Jalan Janti, Gedongkuning, Yogyakarta.

Tema dari Seminar ini adalah Achieving Higher Mathematical Literacy: Sharing Ideas and Experiences”. Pemilihan tema seminar internasional yang kedua tersebut, dilatarbelakangi literasi matematika yang harus dimiliki siswa, agar mereka mampu memecahkan masalah sehari-hari secara lebih efektif, tetapi juga diperlukan untuk mendukung literasi lainnya seperti literasi keuangan dan teknologi. 

Plt Kepala PPPPTK Matematika, Hari Suryanto mengatakan, isu terkait literasi matematika menjadi hal yang menarik untuk didiskusikan. Dalam ISMaTeL 2021, isu tersebut diangkat untuk dibahas melalui berbagai perspektif, mulai dari konsep literasi matematika, kaitan dengan pendidikan matematika, dan upaya yang dilakukan negara lain untuk mendorong peningkatan literasi matematika, dan seperti apa peran penilaian dalam meningkatkan prestasi dalam literasi matematika. 

"ISMaTeL diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada peserta mengenai hal-hal yang perlu dilakukan dalam pembelajaran matematika," ujar Hari, Senin (25/10/2021).

Hari menjelaskan, kemampuan literasi matematika siswa merupakan salah satu isu yang terus dikaji dalam skala internasional. Hasil kajian dari OECD (Organization for Economic Co-operation and Development) melalui PISA (Programme for International Student Assessment) dan kajian IEA (International Association for the Evaluation of Educational Achievement) melalui TIMSS (The Trends in International Mathematics and Science Study), akan sangat mempengaruhi pembuatan kebijakan pendidikan matematika di berbagai negara, dengan fokus pada peningkatan kemampuan literasi matematika siswa. 

Dalam ISMaTeL 2021, ada Lima negara Asia Tenggara yakni Filipina, Kamboja, Malaysia dan Brunei Darussalam yang berpartisipasi dalam Seminar Internasional. Dengan perwakilan kelima negara tersebut, pendidik di Indonesia bisa berbagi inspirasi sekaligus belajar tentang metode terbaik pembelajaran Matematika dengan guru dari. 

"Literasi siswa Indonesia harapannya bisa ditingkatkan ilmu yang didapat guru dari ISMaTeL  Literasi Matematika yang baik akan membantu siswa untuk memecahkan masalah sehari-hari secara lebih efektif, sekaligus mendukung literasi lainnya seperti literasi keuangan dan teknologi," imbuh Hari.

Dalam ISMaTeL tahun 2021, akan dihadiri Peserta luring undangan 136 orang dan peserta daring berjumlah 550 orang yang terbagi dari 497 orang dan 53 orang dari Luar Negeri, yaitu Phipipina, Kamboja, dan Malaysia. (hrn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00