31 Ribu Siswa SMA di Bantul Gelar Pemilihan Ketua Osis Secara Daring

Dokumentasi Humas Pemkab Bantul

KBRN, Bantul : Puluhan ribu siswa SMA/SMK/MA di Kabupaten Bantul menggelar pemilihan ketua OSIS (Pemilos) secara daring pada Kamis (21/10/2021). Kegiatan tersebut digelar secara serentak oleh 74 sekolah yang ada di wilayah Bantul.

Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho mengatakan e-Pemilos ini akan menggunakan aplikasi yang dibuat oleh Dinas Kominfo Kabupaten Bantul. Diharapkan e-Pemilos ini bisa menjadi pendidikan politik bagi anak muda ini. Karena di 2024 mereka sudah akan menjadi bagian dari pemilih pemula.

“Sehingga diharapkan mereka bisa menjadi pemilih yang cerdas dan bertanggungjawab,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih ketika meluncurkan kegiatan ini mengatakan bahwa para siswa bisa belajar tentang  nilai-nilai demokrasi melalui e-Pemilos ini. Memahami pemerintahan yang berasal dari dan oleh rakyat.

“Sebagai upaya memberikan pendidikan demokrasi untuk membentuk generasi penerus yang demokratis, lingkungan sekolah merupakan tempat menimba ilmu dan membentuk pendidikan karakter. Salah satunya karakter berdemokrasi,” ujarnya.

Sebelumnya KPU Bantul juga sukses menggelar e-Pemilos untuk pelajar di tingkat SMP. Dengan total ada 35 ribu lebih siswa yang ikut serta dan tingkat partisipasinya mencapai 78% lebih. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan target Pemilu yang dicanangkan KPU pusat yang mencapai 75%. (dev).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00