Muhammadiyah Luncurkan Universitas SiberMu, Belajar Tak Terkendala Ruang

Haedar Nashir, Ketua PP Muhammadyah saat launching Universitas SiberMu yang diselenggarakan di Kantor PP Muhammadiyah, Jl. Cik Ditiro No 23. Yogyakarta, Rabu (6/10/2021).

KBRN, Yogyakarta : PP Muhammadyah resmi meluncurkan Universitas Siber Muhammadiyah (SiberMu).

Launching Universitas SiberMu yang diselenggarakan di Kantor PP Muhammadiyah, Jl. Cik Ditiro No 23. Yogyakarta, Rabu (6/10/2021).

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan kehadiran Universitas Siber Muhammadiyah (SiberMU),  menjadi solusi atas tiga persoalan penting yang berkembang di era teknologi informasi sekarang ini.

“Pertama, kehadiran Universitas SiberMU adalah mengisi ruang yang sudah dibuka oleh dunia dengan revolusi 4.0. Era pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini tidak cukup dengan retorika dan teori akademi semata,” kata Haedar Nashir dalam sambutannya saat peluncuran SiberMU di gedung PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Rabu (6/10/2021).

Haedar menambahkan kepentingan kedua yang mampu dijawab Universitas SiberMU yaitu menjadi kalan atau mediator bagi proses perubahan sosial.

Haedar menyebut kehadiran media sosial (Medsos) serta perubahan sosial yang turut hadir di dalamnya tidak boleh menggilas manusia.

“Universitas SiberMu haruslah menjadi lembaga yang mampu mengelola perubahan di era modern ini. termasuk mengajak masyarakat untuk lebih produktif dalam bermedsos, bukan menjadi konsumtif,” lanjutnya.

Selain itu, Universitas SiberMU akan menjawab upaya mencapai tujuan nasional mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Saya mohon maaf dengan hormat, pendidikan bangsa kita masih merayap lambat dalam hal penguasaan Iptek dan hal berpikir maju. Berbeda soal alam komunal kita dalam hal guyup rukun dan gotong royong yang sudah hebat,” ujar Haedar.

Dengan posisi daya saing Indonesia yang hanya menempati urutan ke-7 di ASEAN. Haedar menegaskan diperlukan akselerasi kekuatan agar semakin cerdas dan mampu bersaing dengan negara lain.

“Universitas siber bisa belajar tanpa terkendala ruang. Universitas SiberMu bukan lagi program online, namun kesatuan dari organisasi universitas itu sendiri,” tutupnya.

Sementara itu, Pimpinan Universitas SiberMu, Bambang Riyanta menjelaskan resmi beroperasinya SiberMU berdasar Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi Nomor 430/E/0/2021 tertanggal Kamis (30/9/2021).

Universitas SiberMu yang sudah disiapkan sejak 2019 ini akhirnya sekarang siap menerima mahasiswa baru.

Program studi yang dimiliki yaitu Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Hukum, Administrasi Kesehatan, Akuntansi, dan Manajemen.

Bambang menambahkan kehadiran Universitas SiberMu sebagai penerjemahan Muhammadiyah atas tantangan yang diberikan revolusi industri 4.0, yang menawarkan sistem pendidikan jarak jauh sebagai inovasi abad 21.

“Kami menerima mahasiswa baru melalui jalur reguler, karyawan, persyarikatan, dan prestasi dengan syarat masing-masing,” katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00