Museum Beteng Vredeburg Wahana Edukasi Generasi

KBRN, Yogyakarta : Museum selain menyimpan fakta sejarah, juga mampu menjadi perekat persatuan, bahkan menumbuhkan nasionalisme, utamanya bagi generasi milenial.

Oleh karena ity, gerenasi milenial perlu dipahamkan tentang fungsi museum yang tidak sekedar menyimpan benda-bersejarah, justru dijadikan sebagai momentum untuk lebih mencintai perjuangan masa lalu para leluhurnya.

Museum  Beteng Vredeburg Yogyakarta misalnya. Bangunan cagar budaya yang terletak di tengah kota Yogyakarta ini bersebelahan dengan Plaza Monumen Serasngan Oemoem (SO) 1 Maret 1949.

Museum Beteng Vredeburg merupakan bangunan bersejarah yang mempunyi nilai historis dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia di masa lalu.

Edukator Museum Beteng Vredeburg Gunawan mengatakan, di museum ini telah dilakukan berbagai penataan dan pengembangan tata ruang, dimaksudkan agar dapat berfungsi sebagai pusat informasi, inspirasi  dan semangat perjuangan bagi bangsa Indonesia.

“Museum beteng Vredebur menyajikan berbagai jenis koleksi, namun diutamakan pada dua hal, pertama tampak dari luar berupa beteng kedua tampak dari dalam berupa diorama-diorama  peristiwa perjuangan bangsa Indonesia ketika terjadi di Yogyakarta,” ungkapnya.

Menurut Gunaan, Museum Beteng Vredeburg juga dilengkapi  koleksi benda-benda sejarah , foto-foto, lukisan, dan diorama perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia.

“Museum bukan hanya sekedar bangunan kuno yg menyimpan benda sejarah, namun benar-benar menginspirasi, memotivasi sekaligus meggelorakan semangat berjuang mengisi kemerdekaan sesuai kekinia,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00