Sabet 14 Medali, UGM Peringkat Ketiga Kompetisi MIPA

KBRN, Yogyakarta: Satu lagi kebanggaan diraih Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Delegasi UGM  berhasil menyabet 14 medali dari ajang Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN-MIPA) 2021. 

Kompetisi yang berlangsung secara daring 27-30 Juli tersebut diikuti puluhan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan juga Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari berbagai daerah di Indonesia. 

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM Dr Suherman mengatakan, pengumuman yang dirilis secara daring oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) melalui platform  YouTube, Jumat (30/7/2021) siang, delegasi UGM sukses memborong 14 medali dari bidang Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia. Medali yang diraih terdiri dari dua keping emas, enam perak, lima perunggu, dan satu Honorable Mention

"Hasil seleksi tingkat nasional tersebut sekaligus mengantarkan UGM pada posisi juara ketiga setelah ITB dengan 18 medali dan UI mengumpulkan 15 medali," ujar Suherman, Sabtu (31/7/2021) siang, dalam rilisnya kepada media. 

Untuk Kompetisi Nasional MIPA tahun ini, delegasi UGM terdiri dari 17 mahasiswa. Dari jumlah tersebut 14 di antarnya berhasil menyumbangkan medali bagi universitas. 

Medali emas berhasil diraih oleh Joana Sugiarto (Fakultas MIPA) di bidang kimia dan Fahreezan Sheeraz (Fakultas MIPA) di bidang matematika.  

Sementara medali perak disumbangkan oleh I Gusti Made Raka Alpin A (mahasiswa Fakultas Biologi) di bidang biologi, Fani Haerul Anam (Fakultas MIPA), I Komang Sadhu Gunawan (Fakultas MIPA), dan Naelufa Syifna Wifaqotul Muna (Fakultas MIPA) di bidang matematika. Kemudian ada Alvin Surya Putra (Fakultas MIPA) dan Gusti Putu Surya Govinda (Fakultas Teknik) di bidang fisika. 

Jadi inspirasi 

Sedangkan raihan medali perunggu disabet oleh Muhammad Fadlan (Fakultas MIPA) di bidang matematika, Dayanu Ikhsanuddin (Fakultas MIPA) dan Virna Agustisari (Fakultas MIPA) di bidang kimia, Nicholas Gilang PK (Fakultas MIPA) di bidang fisika, dan terakhir Sasangka Adhita Nugraha (Fakultas Biologi) di bidang biologi.

Sedangkan Pratama Atha Nafi (Fakultas Biologi) berhasil memperoleh penghargaan Honorable Mention di bidang biologi. 

"Selamat kepada mahasiswa UGM peraih medali. Kerja keras masa persiapan di tengah banyak keterbatasan pandemi menghasilkan prestasi yang baik," tuturnya. 

Kompetisi MIPA adalah kejuaraan tahunan yang diselenggarakan Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Ajang ini memperlombakan empat bidang yaitu matematika, fisika, kimia, serta biologi. Pada tahun ini kompetisi diikuti sebanyak 260 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. 

"Semoga (prestasi) ini bisa menjadi inspirasi mahasiswa lainnya agar tetap produktif dan berprestasi karena begitu banyak ajang kompetisi bidang penalaran, kreativitas dan kewirausahaan yang diadakan Kemdikbud Ristek tahun ini," papar Suherman. (ros) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00