Lima PTM Masuk 100 Besar Terbaik Indonesia

KBRN, Yogyakarta: Situs pemeringkatan universitas atau perguruan tinggi di dunia, Webometrics, kembali merilis 100 universitas terbaik di Indonesia di bulan Juli 2021. Pada edisi ini, ormas Islam Muhammadiyah sukses mencatatkan lima Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dalam posisi 100 terbaik. 

Pergurusn tinggi milik Muhammadiyah yang menduduki peringkat tertinggi adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang duduk di peringkat ke-10. Kemudian diikuti Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang berada di posisi 31. 

Sedangkan Universitas Muhammadiyah Solo (UMS) bertengger di ranking ke-50, dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berada di urutan ke-54. Sementara Universitas Hamka (Uhamka) bercokol di posisi ke-69 dari 100 universitas terbaik di Tanah Air. 

Menanggapi capaian tersebut, Sekretaris Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah, Muhammad Sayuti, mengaku bangga dan mengapresiasi PTM yang berhasil masuk 100 universitas terbaik se-Indonesia. 

“Ini capaian yang luar biasa hasil kerja keras di PTMA, sehingga misalnya UMY di peringkat 10, UAD urutan 31 dan lain sebagainya beberapa kampus yang masuk di 100 besar,” kata Sayuti, Kamis (29/7/2021) sore.  

Sayuti menilai capaian itu menunjukan, usia kampus Muhammadiyah yang mayoritas masih terbilang muda, bukan menjadi penghalang untuk berprestasi. Jika dilihat dari pemeringkatan tersebut, PTM yang usianya relatif lebih muda berhasil mengungguli universitas atau perguruan tinggi negeri yang usianya lebih tua. 

Sayuti mengakui peringkat yang berhasil diraih oleh PTMA adalah bukti kerja keras mereka yang dilakukan secara mandiri. Ia berujar, menjadi tua itu takdir tapi menjadi maju itu adalah sebuah pilihan. Dirinya pun berpesan kepada PTMA lain yang usia lebih tua untuk semakin kuat bekerja keras mengejar ketertinggalan. 

“Majelis ingin PTM lain terinspirasi oleh itu, PTM lain yang lebih tua kenapa tidak mau ikut maju. Jadi ini kesempatan untuk saling belajar dari PTM, yang bisa mempersingkat waktu untuk maju. Karena menjadi tua itu sebuah takdir, sunnatullah, tapi menjadi maju itu sebuah pilihan,” tandasnya. (ros) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00