Percepat Pembangunan, Gunungkidul Gandeng Dua Universitas di Yogyakarta

KBRN, Gunungkidul: Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melakukan penandatangan MoU dengan dua universitas yakni Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, kerjasama yang dijalin dengan dua universitas tersebut melingkupi penyelenggaraan peningkatan dan pengembangan kopetensi sumberdaya manusia.

Selain itu ada pengemnangan sektor pariwisata dan promosi wisata serta pengembangan sosial budaya masyarakat Kabupaten Gunungkidul. Bupati juga meminta universitas melakukan penelitian terkait tingginya kasus bunuh diri, perceraian dan nikah muda.

"Perguruan tinggi merupakan lembaga yang sangat strategis dalam mendorong percepatan pembangunan suatu daerah dan masyarakat," katanya kepada rri.co.id, Kamis (15/4/2021).

Sunaryanta juga mengatakan, sejumlah keunggulan yang dimiliki Perguruan Tinggi, seperti sumber daya manusia, perangkat kelembagaan, serta kemampuan untuk melaksanakan riset dan kajian, maka wujud eksistensi dari peran perguruan tinggi merupakan salah satu agen pembangunan yang ada di daerah dan masyarakat Indonesia.

"Sejumlah perguruan tinggi ini mengaku sudah melakukan penelitian tentang sosial kemasyarakatan di Gunungkidul. Termasuk tentang tingginya angka bunuh diri," katanya.

Sementara Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta Prof. Dr. Phil. Al-Makin, S.Ag., MA, berharap melalui hasil penelitian dan pengabdian yang telah dilakukan di wilayah Gunungkidul dapat diaplikasikan oleh Pemda Gunungkidul melalui kebijakan-kebijakan strategisnya.

"Kami para akademisi tentu mempunyai tanggung jawab serta memiliki pengabdian yang ingin diterapkan di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Hal serupa juga dipaparkan oleh Rektor Universitas PGRI Yogtkarta, Dr.Ir. Paiman, MP. Pihaknya mengaku siap ikut serta dalan program percepatan pembangunan Gunungkidul yang diprogramkan oleh Bupati khususnya terkait dengan Tridarma Perguruan Tinggi.

"Beberapa program yang kita usulkan adalah pembentukan desa binaan UPY di Gunungkidul, serta pembukaan kelas kerjasama untuk meningkatkan SDM pegawai," paparnya. (wib/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00