DIY Optimis Tahun Ajaran Baru, Sudah KBM Tatap Muka

KBRN, Yogyakarta : Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY optimis pembelajaran tatap muka di DIY bisa dilaksanakan mulai tahun ajaran baru Juli mendatang. 

Kepala Disdikpora DIY, Didik Wardaya menjelaskan pelaksanaan ASPD yang patuh prokes menjadi gambaran besarnya peluang KBM Tatap Muka bisa dilaksanakan. 

"Belajar dari ASPD ini ya, kemarin sempat khawatir bagaimana prokesnya, ternyata bisa terkendali. Mudah-mudahan nanti saat tahun ajaran baru yang akan dimulai pada bulan Juli. Kami sudah koordinasi juga dengan kabupaten/kota, diharapkan bisa serentak seiring tahun ajaran baru," jelas Kepala Disdikpora DIY, Didik Wardaya MPd dikantornya, Selasa (13/4/2021). 

Sebelum KBM Tatap Muka benar-benar diberlakukan, ujicoba di 10 sekolah percontohan juga akan dilaksanakan mulai 19 April mendatang. 

"Kami sudah memastikan bahwa semua guru dan tenaga kependidikan di sekolah tersebut sudah divaksin.‎ Bahkan untuk memastikan hal itu Disdikpora DIY konsultasi dengan dinas kesehatan terkait efektivitas vaksin selama 28 hari. Sehingga dimulainya 19 April," lanjutnya. 

Didik menambahkan, uji coba atau uji percontohan pembelajaran tatap muka akan dievaluasi setelah dua minggu. Apabila pelaksanaannya lancar dan tidak ada masalah akan‎ diikuti sekolah lain yang relatif sudah siap. 

"Kita evaluasi dua mingguan ya, kalau lancar baik, kita tambah lagi percontohannya, begitu seterusnya. Selain terkait vaksin, fasilitas pendukung penerapan Prokes, termasuk di depan ruang kelas ada tempat untuk cuci tangan. Setting ruang kelas agar bisa jaga jarak juga sudah dilaukan sekolah. Selain itu sekolah juga perlu mengkomuniksikan dengan orangtua. Kalau orangtua belum mengizinkan anaknya ikut tatap muka karena masih takut, maka tetap harus difasilitasi dengan PJJ‎," jelasnya. 

Adapun 10 Sekolah yang akan menjadi percontohan KBM Tatap Muka mulai 19 April 2021 yaitu, SMA N 2 Playen Gunungkidul, SMA N 1 Pajangan Bantul, SMA N 1Gamping, Sleman, SMA N 1 Sentolo Kulon Progo dan SMA N 9 Yogyakarta. Sedangkan SMK nya, SMK N 1 Wonosari Gunungkidul, SMK N 1 Bantul, SMKN 1 Depok Sleman, SMK N 1 Pengasih Kulon Progo, dan SMK N 1 Yogyakarta. (wur/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00