Dinas Pariwisata Kulon Progo Luncurkan Musik Ilustrasi Pengiring

KBRN, Kulon Progo : Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo meluncurkan simulasi musik ilustrasi untuk usaha jasa pariwisata (UJP) yang diciptakan sebagai iringan musik yang bisa diperdengarkan di destinasi wisata maupun usaha jasa pariwisata seperti Hotel, Restoran, Rumah Makan, di wilayah Kabupaten Kulon Progo.  

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo Joko Mursito mengatakan, Musik ilustrasi tersebut memiliki nuansa angguk yang dikenal sebagai musim pengiring tarian. Dalam pembuatannya, sejumlah seniman di Kulonprogo dilibatkan untuk mendorong potensi lokal di Kulonprogo. Identitas musik Kulon Progo ditonjolkan, dengan harapan mampu mendorong kunjungan wisatawan ke Kulonprogo. 

"Musik ilustrasi ini disimulasikan di Pantai Wewe atau papan santai warna wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo. Pantai Wewe merupakan ruang yang berada di belakang kantor Dinpar untuk mengantisipasi pertemuan di dalam ruangan," ucap Joko Mursito, di Kulon Progo, Sabtu (27/2/2021).

Di Kulon Kulon, ujar Joko ada sekitar 90an UJP yang sudah besar dan terdata. Sementara untuk yang tidak terdaftar dan berskala kecil, jumlahnya mencapai ratusan. 

"Sejumlah UJP di Kulon Progo masih memakai pengiring musik dari Bandung maupun Bali. Saat ini Keping CD yang kita distribusikan baru 50an. Nanti kita lihat feedbacknya seperti apa dari UJP," tutur Joko.

Sementara itu, Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan, musik pengiring yang sudah diluncurkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, mampu dimanfaatkan pengelola destinasi wisata maupun usaha jasa pariwisata.

"Harapannya, semua sektor pariwisata akan segera pulih dan perekonomian kita juga akan bangkit kembali," sambung Sutedjo.

Sutedjo mengajak, seluruh aspek pendukung pariwisata untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Hal ini agar tidak muncul klaster baru dari sektor wisata. Bahkan sektor wisata mampu menjadi teladan penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat.(hrn/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00