Tingkatkan Kunjungan, Dinas Pariwisata Kulon Progo Siapkan Program Unggalan

KBRN, Kulon Progo : Dinas Pariwisata Kulon Progo berencana akan menggelar berbagai kegiatan wisata di tahun 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, Joko Mursito menyampaikan, di tahun 2021 pihaknya sudah menyiapkan 12 kegiatan. Di antaranya, Kiskendha Mrahaswara, Menoleh ke Menoreh, Romansa Pansela, Pembuatan Film Dokumenter Pariwisata Unggulan, Pengelolaan Destinasi Pariwisata, Penetapan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP), Bimtek Jasa Usaha Pariwisata, Pembinaan dan Pengawasan Usaha Jasa Pariwisata (UJP). Selain itu, sertifikasi profesi UJP, fam trip, gelar ekonomi kreatif dan pelatihan SDM pelaku wisata.

Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka untuk pelaksanaannya akan disesuaikan melihat situasi dan kondisi. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan digelar secara dalam jaringan (daring) atau luar jaringan (luring).

Joko menambahkan, pandemi covid-19 memang sangat berdampak pada kegiatan dan usaha pariwisata di Kulonprogo. Karena itulah diperlukan inovasi dalam upaya pemulihan dan peningkatkan kualitas wisata di tingkat masyarakat. Salah satu yang dilakukan adalah dengan upaya penguatan kelembagaan wisata berbasis pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu, Pengelola Wisata Pulepayung, Eko Purwanto menuturkan, jumlah kunjungan wisatawan ke Pulepayung memang mengalami penurunan. Hal ini disebabkan, karena penerapan Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM). 

"Mayoritas pengunjung yang datang hanya wisatawan lokal," ucap Eko. (hrn/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00