Beberapa Obyek Wisata Alami Penurunan Kunjungan

KBRN, Kulon Progo : Sejumlah Obyek Wisata di Kabupaten Kulon Progo turut merasakan dampak dari Covid-19. Beberapa mengalami penurunan jumlah kunjungan pada Libur Tahun Baru 2021. Di Pantai Glagah, Gua Kiskendo, dan Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu. 

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Pantai Glagah, Aris Widiatmoko mengatakan, jumlah kunjungan pada hari Sabtu (2/1) mencapai 3.885 pengunjung. Hanya saja, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Jumlah tersebut mengalami penurunan. Kunjungan wisata ke pantai Glagah mencapai puncaknya pada Minggu (3/1) dengan jumlah 5.686 orang.

"Kunjungan di Dominasi oleh plat AA dan lokal," ucap Aris, saat dihubungi via WA, Senin (4/01/2020).

Aris menambahkan, pada libur natal dan tahun baru ini pihak nya menerjunkan seluruh personil di sejumlah titik pantai. Mereka akan melakukan himbauan dan pendataan kewajiban masker di kawasan pantai. Pengunjung yang kedapatan tidak memakai masker bahkan tidak membawanya, akan diberikan masker gratis. 

"Pelanggar kemudian didata, dan datanya dimasukkan dalam aplikasi Jogja patuh," tuturnya.

Para pengunjung dari luar daerah DIY, lanjut Aris, diketahui juga sudah membawa rapid antigen seperti yang diinstruksikan oleh pemerintah.

Sedangkan pengelola Gua Kiskendo Susno mengatakan, pada libur Tahun baru 2021 ini pihaknya menargetkan jumlah kunjungan hingga 1000 orang. Namun demikian, sejak tanggal 1 hingga 3 Januari 2021, jumlah kunjungan hanya 317 orang. Menurunnya jumlah kunjungan ini diklaim disebabkan oleh hujan yang sering turun di kawasan pegunungan Menoreh.

"Kami pasrah jika kunjungan tak mencapai target. Padahal kami sudah menerapkan protokol kesehatan," ungkap Suisno. (hrn/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00