Obyek Wisata di Sleman Batasi Jam Buka

KBRN, Yogyakarta : Tempat Wisata di Kabupaten Sleman, tutup mulai pukul 18.00 WIB, pada Kamis, 31 Desember 2020.

Keputusan itu, sesuai Surat Edaran Dinas Pariwisata Sleman Nomor 443/2592 tanggal 30 Desember, tentang pengaturan jam operasional, khusus saat malam pergantian tahun.

Acuannya, berdasarkan Surat dari Pemda DIY Nomor 443/0374 yang keluar di waktu yang sama, dan isinya mengatur persoalan serupa.

”Ini merupakan salah satu upaya  untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan orang yang merayakan malam pergantian tahun,” kata Kabid Pengembangan Destinasi Wisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Sleman Aris Herbandang, Kamis (31/12/2020).

Sedangkan operasional untuk tanggal 1 sampai 8 Januari 2021, tetap mengacu pada Surat Edaran Sekda Nomor 440/02875, tentang Penyesuaian Kegiatan dalam Pencegahan Penyebaran Covid 19 selama Libur Cuti Bersama Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020.

”Dengan jam operasional sampai dengan pukul 22.00 WIB,” lanjutnya.

Selanjutnya Dinas Pariwisata Sleman meminta seluruh pihak, baik pengelola destinasi, operator, pengunjung, dan masyarakat, secara bersama-sama untuk berdisiplin dan konsisten  dalam menerapkan protokol kesehatan.

Caranya dengan melakukan CITA MAS JAJAR, yaitu Cuci Tangan, memakai Masker, dan Jaga Jarak untuk menekan penyebaran Covid 19.

Baik dari Dinas Pariwisata, Kapanewon maupun Satuan Polisi Pamong Praja setempat, termasuk TNI dan juga Polri akan melakukan monitoring.

”Bila terdapat pengelola yang melanggar akan kami tindak sesuai dengan Surat Edaran Sekda Sleman,” ucapnya. 

Dukungan Destinasi Wisata

Pengelola Desa Wisata Pulewulung Bangunkerto Turi, Agus Wulan, mendukung kebijakan pembatasan jam buka tempat wisata di malam tahun baru. 

”Selama covid  masih ada sebaiknya destinasi wisata semua tutup lebih awal, biar tidak ada kerumunan,” katanya.

Pendapat senada disampaikan Kholik Widiyanto, dari Pokdarwis Tebing Breksi Prambanan. Ia mendukung pembatasan jam operasional obyek wisata.

”Pembelian tiket masuk terakhir jam lima sore, karena jam enam sudah tutup,” ucapnya. (ws/yyw) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00