Dominasi Wisatawan Gunakan Kendaraan Pribadi

Arus Lalu lintas di Kawasan titik Nol Kilometer Yogakarta

KBRN, Yogyakarta : Dinas Perhubungan (Dishub) DIY menempatkan 4 posko pantau arus Nataru di DIY. Berdasarkan pantuan, kendaraan pribadi dari luar daerah mendominasi arus lalu lintas di jalur utama DIY.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Operasinal (Dal Ops) Dishub DIY, Bagas Seno Adji mengatakan pihaknya telah melakukan  pemantauan sejak 24 Desember, dengan menempatkan 4 posko di Prambanan, Piyungan, Gamping, dan Denggung. Terjadi arus mudik dari luar kota ke DIY, dan pada Sabtu kemarin (26/12) sudah terjadi arus balik.

"Mulai tanggal 26 para pemudik sudah mulai kembali ke daerah masing-masing sehingga cenderung meningkat untuk yang keluar Jogjakarta," katanya kepada RRI, Sabtu (26/12/2020)

Menurutnya, kepadatan arus masuk ke Yogyakarta dari luar DIY diperkirakan akan kembali terjadi menjelang malam tahun baru.

"Mungkin cenderung lalu lintas akan sama polanya, prediksi kami seperti pada Natal berlangsung. Jadi pada saat mendekati malam tahun baru banyak kendaraan yang masuk ke wilayah," imbuhnya.

Bagas Seno Adji menambahkan, ada 600-an personel gabungan Dishub DIY, Dishub Kabupaten/Kota, PT KAI dan PT Angkasa Pura yang terlibat dalam posko monitoring lalu lintas natal dan tahun baru.

Selain pemantauan di posko monitoring, pihaknya juga melakukan pemantauan di terminal, dan patroli di lokasi wisata, untuk memastikan kendaraan yang masuk ke lokasi wisata menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Selama operasi Natal dan Tahun Baru 24-31 Desember jembatan timbang di wilayah DIY ditutup dan difungsikan sebagai rest area. (wur/ian/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00