Badan Otorita Borobudur Targetkan Konektivitas Wisata DIY dengan Karimunjawa

KBRN, Yogyakarta : Badan Otorita Borobudur Badan Otorita Borobudur (BOB) tengah berupaya untuk menghubungkan destinasi wisata di Yogakarta dengan Karimunjawa di Jawa Tengah. Program ini ditargetkan dapat terlaksana pada tahun 2021 mendatang. Hal ini sebagai bagian dari pengembangan kawasan BOB untuk mendukung pariwisata Borobudur dan sekitarnya.

Direktur Destinasi Pariwisata Badan Otorita Borobudur, Agustin Peranginangin mengatakan, DIY menyediakan banyak ragam wisata baik budaya, kuliner, kriya hingga wisata pantai yang masih harus terus dikembangkan. Sementara di sisi lain, Karimunjawa sudah banyak dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan karena menawarkan wisata pantai yang indah dan telah banyak dikenal wisatawan.

“Di Karimunjawa banyak wahana yang menarik bagi wisatawan, seperti snorkling dan lain sebagainya. Hal ini potensi yang luar biasa,” ucap Agustin Peranginangin dalam paparan capaian kinerja Badan Otorita Borobudur tahun 2020 di Manohara Hotel, Sabtu (19/12/2020).

Agustin menjelaskan, Karimunjawa adalah salah satu lokasi wisata yang termasuk dalam kawasan koordinatif BOB. Sekarang ini rencana konektivitas tersebut masih penjajakan dan pada tahun 2021 mendatang bisa terealisasi.

Dia menambahkan, untuk merealisasikan konektifitas wisata DIY dengan Karimunjawa, koordinasi sudah dilakukan dengan berbagai pihak, mulai dari otoritas penerbangan Angkasa Pura I hingga Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA). Jika kedua lokasi ini bisa terhubung nantinya, diharapkan akan mampu mendongkrak kunjungan wisata ke Borobudur yang berlokasi di tengah antara Yogyakarta dan Karimunjawa.

Sedangkan, Kepala Divisi Pengembangan Kawasan Pariwisata Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, Hendrawan Purwanto, mendukung langkah dari BOB untuk mempromosikan wisata Borobudur.

“Sarana digital perlu dimaksimal kan untuk promosi dengan tetap melakukan upaya yang lainnya,” ungkapnya. (hrn/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00