Pemkot Yogyakarta Kampanyekan Wisata Aman di Masa Pandemi

Jalur Wisata Bersepeda Kota Yogyakarta

KBRN, Yogyakarta : Mengkampanyekan sepeda aman dan sesuai protokol kesehatan mencegah penularan Covid 19,  Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti didampingi Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi kembali bersepeda mengelilingi Kota Yogyakarta.

Selain hampir rutin selalu dilakukan setiap hari Jumat, bersepeda santai yang digelar Jumat (30/10/2020) pagi adalah dalam rangka anniversary Jogjabike yang ke-2.

Walikota Yogyakarta menyambut baik adanya layanan sepeda yang disediakan hingga ke kampung-kampung wisata di Kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Menurutnya layanan sepeda di kampung-kampung wisata mendukung pengembangan kelima jalur wisata sepeda dengan rute aman dan tidak banyak bersinggungan dengan kendaraan besar, serta sebagai wujud tumapak ing jaman anyar tema dari HUT Kota Jogja tahun 2020 ini.

“Pariwisata di Kota Yogya harus bisa beradaptasi dengan perubahan jaman, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Agar wisatawan bisa nyaman dan tidak khawatir. Karena semua orang mematuhi protokol kesehatan,” katanya di sela acara gowes bareng Wisata Bersepeda Bersama Jogjabike yang dikutip dari laman Pemerintah Kota Yogyakarta, Jumat (30/10/2020).

Disisi lain pihaknya mengungkapkan, Pemerintah Kota Yogyakarta terus menyerukan disiplin protokol kesehatan agar wisatawan yang berwisata ke Kota Yogyakarta tetap aman dari Covid-19 terutama di masa libur panjang cuti bersama ini.

Ia juga mengingatkan, Sektor wisata di masa pandemi Covid-19 harus disertai gaya hidup sehat salah satunya tertib protokol kesehatan ketat.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi juga mengungkapkan, pekerjaan rumah terbesar Kota Yogyakarta saat ini adalah menurunkan tingkat kesenjangan yang masih tinggi di Yogyakarta.

Meski angka harapan hidup, indeks pembangunan manusia, dan indeks lain di Yogyakarta paling tinggi, namun diungkapkan Heroe angka gini ratio juga termasuk tinggi.

"Kami menilai usaha jasa wisata yang bisa menurunkan tingginya kesenjangan itu,” ujar Heroe di kebun Plasma Nutfah Pisang Dinas Pertanian Yogyakarta.

Salah satu upaya menggeliatkan sektor wisata dan juga menumbuhkan gaya hidup sehat ditegaskannya dengan mengkampanyekan kegiatan bersepeda.

"Yogyakarta sudah memiliki banyak program wisata jelajah kampung, yang dapat diakses melalui layanan Jogjabike. Jogjabike juga telah memperluas layanan baru berupa Paket Wisata Bersepeda," ujarnya.

Tantangan berat diusia kedua Jogjabike, CEO Jogjabike, M Aditya dalam kesempatan itu mengungkapkan, adanya Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini, menuntut pihaknya untuk selalu berkreasi.

Adanya potensi masyarakat yang semakin sadar terhadap kesehatan dan minat sepeda yang semakin tinggi, serta banyaknya warga masyarakat yang ingin melepas penat ke obyek wisata dengan cara bersepeda, menjadi suatu peluang dan tantang.

“Kami melihat tantangan sekaligus peluang dan Jogjabike menjawabnya dengan cara Rebranding di ulang tahun kedua ini” kata Adit.

Wisata bersepeda Jogjabike ke obyek wisata dengan melewati kampung maupun persawahan, akan dikemas sebagai paket-paket wisata karena Jogja kaya akan obyek wisata, kampung unik dan juga persawahan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00