Ratusan Orang Terjaring Operasi Masker di Kawasan Pantai

KBRN, Gunungkidul : Tim Search And Rescue (SAR) Wilayah I Kabupaten Gunungkidul, terus menerapkan protokol kesehatan dengan menggelar operasi masker di wilayah wisata pantai.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 1 DIY, Sunu Handoko mengatakan, selama libur akhir pekan operasi masker ditingkatkan seiring meningkatnya jumlah pengunjung pantai. Operasi ini merupakan intruksi dari Satpol DIY. Petugas yang melakukan operasi masker bahkan melakukan tindakan tegas melakukan penyitaan KTP dan pendataan bagi warga yang lalai.

"Semakin hari semakin banyak wisatwan yang tidak memakai masker kemarin 104 orang hari ini 120 orang," kata Handoko kepada rri.co.id , Sabtu (12/9/2020).

Diungkapkan, meski melanggar pengunjung tidak dikenakan sanksi. Sebab, pengunjung hanya didata serta diminta membuat surat pernyataaan mau menggunakan masker.

"Jika pengunjung tidak membawa kami selalu menyiapkan secara cuma-cuma," terang Handoko.

Pihaknya menyebut, presentase wisatawan yang lengah tidak memakai masker berasal dari jawa tengah dan jawa timur. Sebenarnya banyak wisatwan yang membawa namun biasanya hanya dimasukan dalam saku celana.

"Pengunjung pantai sudah saatnya menaati protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-1," paparnya. (wib/ryt).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00