Objek Wisata di Klaten Kembali Dibuka

KBRN, Klaten : Sejumlah tempat wisata di Klaten yang berhenti operasi sejak pertengahan Maret, kini mulai dibuka kembali setelah adanya  surat edaran (SE) Bupati Nomor 443.1/477/13 tentang Pelaksanaan Tatanan Normal Baru dalam Penyelenggaraan Kepariwisataan pada masa Pandemi COvid-19.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten, Sri Nugroho mengatakan, objek wisata yang sudah diperbolehkan buka yakni wisata alam. Wisata yang berupa situs cagar budaya juga diperbolehkan buka lagi.

“Tetap mematuhi protokol kesehatan dan pembukaan dilakukan bertahap dari 20 persen hingga 50 persen dari kapasitas daya tampung objek wisata. Pemkab Klaten sudah mengijinkan, namun untuk obyek wisata air sampai saat ini belum diijinkan buka,” tandas Sri Nugroho kepada wartawan, Jumat (14/8/2020).

Dikatakannya, objek wisata yang sudah dibuka di antaranya objek wisata alam yang dikelola oleh desa. Terkait objek wisata Bukit Sidoguro yang dikelola Pemkab Klaten, meskipun  sudah diperbolehkan buka kembali  namun objek wisata itu masih tertutup untuk pengunjung. Karena  ada proses pembangunan di Bukit Sidoguro setelah pemkab mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat senilai Rp1,7 miliar.

Lebih lanjut Sri Nugroho mengatakan saat ini pemkab belum mengizinkan objek wisata air kembali buka karena  mempertimbangkan tingkat risiko penularan Covid-19.

“Pemkab Klaten masih  menunggu instruksi gubernur Jawa Tengah  dan kajian dari ahli kesehatan. “karena  itu harus ada dasar hukum yang kuat,” pungkasnya. (ril/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00