Sandiaga Uno Sambangi Desa Wisata Tinalah di Kulon Progo

KBRN, Kulon Progo : Menteri Kementerian dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Tinalah di Kapanewon Samigaluh Kulon Progo, pada Senin (11/10/2021). Desa Wisata Tinalah, diketahui masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Penganugrahan diberikan langsung oleh Sandiaga Uno di Desa Wisata Tinalah.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, Desa Tinalah mampu masuk ke 50 besar dari 1.831 desa wisata yang menjadi peserta ADWI 2021. Prestasi tersebut merupakan hasil dari inovasi, adaptasi dan hasil kerja atau peran serta dari pengelola dan masyarakat pariwisata. 

"Hal ini merupakan awal kebangkitan untuk membuka peluang usaha masyarakat sejahtera kembali," ucap Sandiaga Uno, di Kulon Progo, Senin (11/10/2021).

Sandi menjelaskan, pihaknya saat ini terus berupaya membuka pariwisata di Indonesia secara bertahap dengan terus protokol kesehatan ketat dan disiplin. 

"Kami ingin pariwisata segera dibuka sebagai sinyal kebangkitan pariwisata. Hal ini untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya,"ungkapnya.

Sandiaga Uno juga mengajak agar eluruh pihak berkolaborasi menjaga alam Tinalah, agar bisa menyukseskan peningkatan ekonomi pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sandi juga menghimbau masyarakat untuk mengutamakan produk-produk lokal UMKM, mengingat banyak produk lokal yang berkualitas tinggi.

"Saya titip ke Pak Bupati agar tetap memberdayakan dan mendampingi UMKM. Mereka adalah lokomotif untuk bisa menggerakkan ekonomi sebagai peluang usaha dan peluang kerja," Jelas Sandi.

Dikesempatan yang sama, Bupati Kulon Progo DSutedjo, berharap dengan kunjungan Menparekraf dan anugrah ADWI 2021 dapat meningkatkan semangat pengelola Desa Wisata Tinalah. 

"Kami harap Desa Wisata Tinalah mampu mendukung pemerintah dalam mengembangkan pariwasata dan ekonomi kreatif di Indonesia," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pengelola Desa Wisata Tinalah, Galuh menyampaikan, nama Tinalah berasal dari nama sungai di Kalurahan Purwoharjo yang menjadi sumber kehidupan masyarakat di bidang pertanian.

Dalam pengelolaannya Desa Wisata Tinalah, masyarakat menggali sekaligus memanfaatkan potensi lingkungan sekitar. 

"Kami harap, kegiatan wisata bisa terselenggara kembali. Dengan support berkelanjutan dari Pak Menteri Sandiaga Uno kami harap bisa bangkit lagi," tutur Galuh.(hrn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00