FOKUS: #PPKM MIKRO

Menparekraf Beri Peluang Wisata Bagi Anak Usia Dibawah 12 Tahun

KBRN, Yogyakarta : Mempertimbangkan kebutuhan wisata keluarga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan memberikan diskresi kepada pemerintah daerah untuk pelaksanaan aktivitas berwisata bagi anak dibawah usia 12 tahun.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, aktivitas berwisata akan sulit dilakukan jika kebijakan bagi anak di bawah usia 12 tahun masih dilarang memasuki kawasan destinasi wisata.

Mengingat wisata, sangat identik dengan wisata keluarga sehingga Sandi menjelaskan, Kemenparekraf memberi keleluasaan melalui diskresi kepada Pemerintah Daerah setempat untuk wisata bagi anak di bawah usia 12 tahun.

"Pemerintah Daerah memiliki diskresi untuk menanganinya, karena wisata itu identik dengan wisata keluarga. Jadi akan sangat sulit dilakukan jika anak tersebut tidak di ikut sertakan," katanya di sela kunjungan di kampung wisata Rejowinagan, Kotagede Yogyakarta, Jumat (8/10/2021).

Menurutnya, diskresi bagi Pemda diberikan terutama bagi orang tua bapak/ibu yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap dan memiliki akses aplikasi PeduliLindungi.

Diskresi dijelaskan Sandiaga, dapat dilakukan seperti di kota Yogyakarta diusianya yang ke-265 tahun telah mendeklarasikan tuntas vaksin.

"Jadi diskresinya kami berikan tapi memang, kami mendorong dengan vaksinasi yang lebih baik, dengan protokol kesehatan, testing tracing terus diperluas ditingkatkan," ujarnya.

Sandiaga Uno mengharapkan, melalui diskresi para orang tua yang sudah tervaksinasi covid 19 secara lengkap, tidak mengalami kesulitan dalam mengajak anaknya berwisata meski masih dibawah usia 12 tahun.

"mudah-mudahan tempat wisata ini bisa menjadi tempat wisata yang aman dan bebas Covid," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00