Masyarakat Mulai Kunjungi Kawasan Wisata Pantai

KBRN, Yogyakarta : Meski DIY masih berstatus PPKM level 3, masyarakat akhir-akhir ini tampak mulai memadati objek wisata.

Baru 7 obyek wisata yang mendapatkan ijin ujicoba pembukaan, namun hampir semua Obyek wisata di DIY terutama pantai mulai bnyak dikunjungi wisatawan.

Menyikapi hal itu, Ketua PMI DIY, GBPH Prabukusomo di sela-sela musprov PMI DIY di gedung DPRD DIY mengatakan, masyarakat mulai jenuh, sehingga yang harus bersikap adalah pemerintah. 

“Pemerintah harus mendukung kesiapan sarana prasarana di obyek wisata, agar prokes berjalan ketat, sehingga tidak terjadi penularan Covid-19 di obyek wisata.  SOP juga harus disiapkan jika kemudian ditemukan wisatawan yang mengarah gejala COVID,” terangnya, Sabtu (2/10/2021).

Hal senada disampaikan, Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, yang menyebut pemda DIY harus mempercepat penguatan kesiapan pelaku wisata untuk buka.

Menurutnya, hanya yang sudah benar-benar siap , termasuk adanya satgas COVID19 di obyek wisata tersebut yang diijinkan untuk buka.

“Keinginan masyarakat semua begitu. Saya kira kesiapan dari pelaku wisata harus kuat, dilatih tentang protab kesehatan, vaksinasi digalakkan. Pelaku wisata dipastikan mereka memiliki satgas covid dan pastikan merekA bisa menjaga protab kesehatan di tenpat2 wisata itu, sehingga perlu pelatihan online,” jelasnya.

Di sisi lain, Asisten Sekda DIY Bidang Pemberdayaan SDM, Aris Riyanta mengatakan, edukasi protokol kesehatan memang harus terus dilakukan agar masyarakat yang mulai jenuh berada di rumah, bisa menjalankan aktivitas namun tetap patuh prokes, sehingga menekan potensi penularan Covid-19. (wur-yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00