Festival Kuliner dan Belanja, Tampilkan Potensi Tamansari

Tari Edan-edanan pembuka rangkaian kegiatan festival yang memiliki filosofi Tolak Bala
Pemukulan kentongan oleh Wakil Walikota didampingi Kepala Dinas Pariwisata, tandai pembukaan Festival

KBRN, Yogyakarta : Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata menggelar Festival Kuliner Tamansari, yang digelar di Pendopo Tamansari.

Menggandeng seluruh potensi kampung wisata Tamansari, Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko berharap Festival pengembangan wisata belanja dan kuliner mampu semakin memperkuat daya tarik wisata di Tamansari.

"Menampilkan beragam produk unggulan baik kerajinan, kuliner tradisional, serta menampilkan beberapa atraksi seni dan budaya," katanya, dalam pembukaan Festival Kuliner di Pendopo Tamansari, Jumat (9/4/2021).

Festival yang digelar selama Satu hari tersebut terdiri dari 15 stan yang memamerkan kerajinan atau souvernir, batik tulis, batik painting, kaos batik, serta kuliner khas produk warga diantaranya seperti apem, ampyang, pastel, maupun brongkos.Menurutnya, langkah tersebut sebagai inovasi sarana promosi efektif serta menjadi langkah taktis bersama seluruh pelaku industri pariwisata dalam menghadapi tekanan akibat pandemi Covid 19.

"Pelaku dan pegiat wisata maupun pelaku seni yang masuk dalam industri pariwisata dapat melihat peluang dan mampu menghadapi pandemi saat ini, sehingga industri ini tetap dapat berjalan di masa-masa yang akan mendatang," imbuhnya.

Gelaran Festival Belanja dan Kuliner Tamansari yang digelar selama satu hari tersebut juga dilakukan secara hybrid.

Selain dilakukan di tempat terbuka dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, dijelaskannya, calon wisatawan dapat menyaksikan inovasi-inovasi potensi kuliner dan kerajinan di Tamansari melalui media sosial Pemkot maupun Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

"Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi pariwisata kota Yogyakarta, sehingga pariwisata kota Yogyakarta bisa kembali menemukan jati dirinya untuk bangkit dan siap menghadapi, menerima wisatawan yang akan datang di waktu yang akan datang," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00