Panen Raya Padi Program Agro Techno Park (ATP) di Klaten

KBRN, Klaten : Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Klaten bekerjasama dengan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) akan melakukan panen raya padi  program Agro Techno Park (ATP) dipusatkan di Balai Desa Tlingsing Kecamatan Cawas Klaten, pada Kamis 21 Maret besok.

Kepala Bidang Ekonomi Bapedda Klaten, Sri Purwanto kepada RRI mengatakan, panen raya padi program ATP seluas 619 setengah hektar tersebut dengan jenis padi Sidenuk yang ada di 28 desa di 9 kecamatan di Klaten, di antaranya di Kecamatan Cawas berlokasi di Desa Tlingsing, Burikan, Gombang, Karangasem dan desa Kedungampel.

Di Kecamatan Karangdowo berlokasi di desa Ngolodono, Bulusan, Bakungan, Tumpukan, dan di Desa Sukorini di Kecamatan Manisrenggo.

“Secara simbolis panen raya padi akan dipusatkan di Balai Desa Tlingsing Kecamatan Cawas,” jelasnya, Rabu (20/3/3019).

Sri Purwanto, kegiatan ini merupakan program pemanfaatan hasil Litbang Pertanian Terpadu (PHLPT) yang bekerjasama dengan Batam, meliputi kegiatan penangkaran padi dan pengembangan padi yang ada di 28 desa dari 9 kecamatan di Klaten tersebut.

“Diharapkan program APT dapat meningkatkan penerapan alih teknologi hasil Litbang Batam dan bisa memberikan ruang apilkasi, percontohan teknologi pertanian terpadu  dengan memberikan pelatihan dan pemanfaatan hasil pertanian terpadu kepada masyarakat.

Lebih lanjut Sri Purwanto mengatakan, guna mendukung kegiatan tersebut juga di kembangkan pusat percontohan ATP di Unit Balai Benih Tanaman Humo di Desa Semangkak Kecamatan Klaten Tengah yang nantinya sekaligus digunakan sebagai Pusat Pendidikan Pelatihan Pengembangan, dan Pembibitan Pertanian terpadu dan Agrowisata P7TA yang dibiayai dari dana APBN maupun Cost Sharing dan APBD Kabupaten Klaten yang berupa sarana dan Prasarana. (yon/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00