Klaten Bentuk Posko Pengendalian Hama Wereng Coklat

KBRN, Yogyakarta : Untuk mengantisipasi serangan hama Wereng Batang Coklat (WBC), Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Klaten Jawa Tengah, membentuk lima Posko WBC  di lima kecamatan di Klaten.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura DPKPP Klaten, Joko Siswanto mengatakan, lima Posko Wereng Batang Coklat di lima kecamatan tersebut yakni Kecamatan Karangdowo, Delanggu, Wonosari, Polanharjo dan Kecamatan Karanganom.

“Lima wilayah tersebut merupakan koordinator penanggulangana hama Wereng Batang Coklat, karena di Klaten pernah memiliki riwayat serangan hama Wereng Batang Coklat,” ungkapnya.

Menurut Joko Siswanto, serangan hama wereng menyerang tanaman padi dengan sangat cepat dan para petani tidak akan mampu mengatasi.

“Jangan sampai nanti gagal panen, maka dari itu dinas pertanian membentuk Lima posko tersebut,” tandasnya.

Dijelaskannya, tujuan membentuk Posko WBC supaya  mendapatkan informasi secepatnya, sehingga jika ada loporan terkait hama, maka pengendalian hama akan mudah dan cepat tertangani.

Lebih lanjut Joko mengatakan, di musim tanam sekarang ini para petani dihimbau untuk melakukan pemeriksaan lahan persawahan sejak dini untuk mengantisipasi adanya serangan hama, agar cepat mengambil tindakan. (yon/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00