Pemupukkan Padi Bersama Fokompinka

KBRN, Yogyakarta : Sebagai salah satu upaya meningkatkan hasil panen padi, Forkompimka Kemantren Mergangsan, membantu petani melakukan tabur pupuk padi di sawah milik Panut (55) dengan luas lahan lebih kurang 0,5 Ha berlokasi di Kelurahan Wirogunan, Jumat (01/07/2022).

Kegiatan ini bekerja sama dengan dinas pertanian dalam hal ini PPL Kemantren Mergangsan dan mahasiswa UGM yang sedang KKN.

“Sebagai aparat Teritorial, Koramil selalu hadir dan peduli dengan situasi maupun kondisi kesulitan warga binaannya. Layaknya hari ini, membantu petani memupuk padi sembari memupuk silaturahmi,” kata Komandan Koramil Mergangsan, Mayor inf E. Andrianto, S.Sos.

Pantauan di lokasi, terlihat unsur Forkopimka dan petani serta mahasiswa berada di tengah sawah. Sambil berinteraksi mereka menaburkan pupuk jenis Phonska dan Urea dengan maksud agar padi tumbuh subur.

Menurut Danramil, kegiatan ini sengaja la lakukan agar petani semakin termotivasi untuk terus meningkatkan produktivitas tanaman padinya dengan memperhatikan dan memberikan perawatan secara intensif.

"Pemupukan padi ini memang harus dan wajib dilakukan agar pertumbuhannya tetap baik hingga tiba masa panen. Jika tidak diberi pupuk, dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan seperti tanaman kurang subur, pendek (ateng) dari ukuran normalnya bahkan daunnya menguning," papar Danramil. 

Dengan perawatan tanaman padi yang benar, baik itu pemupukan, pengairan, penyiangan maupun penyemprotan terhadap hama, tentunya bisa meningkatkan kesuburan pada tanaman padi. Harapannya, saat panen tiba bisa menghasilkan gabah yang melimpah dan berkualitas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar