Hadir Virtual, Mahasiswa Unisa Pelajari Kebun Gizi Lansia

KBRN, Yogyakarta: Pos Lansia Husnul Khotimah binaan Rumah Zakat tiba-tiba mendapat kunjungan mendadak, Kamis (20/1/2022) siang, dari rombongan Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta. 

Rombongan Tim Pengajar Prodi Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Unisa ternyata ingin melihat pengelolaan lahan kosong untuk ditanam sayur mayur dan tanaman obat. Rombongan yang dipimpin langsung Silvi  Lailatul Mahfida, SGz, MPH melihat Pos Lansia secara virtual. 

Kedatangan tim dari Unisa ini dalam rangka studi lapangan virtual di Kebun Gizi Lansia yang ada di Pos Lansia Husnul Khotimah Dusun Jetis Kulon Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Kunjungan itu diterima oleh Ratno selaku pengelola Kebun Gizi bersama sejumlah kader dan perwakilan lansia. 

Sebelum masuk ke Kebun Gizi Lansia, Silvi menjelaskan, para mahasiswa prodi Gizi yang berjumlah 75 orang, selain mendapat teori di kampus juga perlu melihat langsung praktik pemanfaatan lahan di lingkungan rumah atau pekarangan untuk pemberdayaan gizi keluarga dan masyarakat. 

"Karena masih pandemi, studi lapangan kali ini dilaksanakan secara virtual. Para mahasiswa mengikuti studi lapangan kebun gizinya melalui fasilitas zoom," ujar Silvi. 

Bermanfaat 

Ratno selaku fasilitator Rumah Zakat di Desa Pacarejo menjelaskan, Kebun Gizi Lansia merupakan terobosan program saat awal pandemi Corona masuk ke Indonesia awal Maret 2020. 

"Ketika ada pembatasan sosial, kita mulai merintis Kebun Gizi Lansia ini. Kita libatkan para simbah mulai dari awal penyiapan media tanam, perawatan sampai panen hasilnya dibagikan untuk simbah semuanya," ujarnya. 

Setahun lebih berlalu, program Kebun Gizi ternyata memiliki imbas positif bagi para kaum lansia di Pacarejo. 

"Dan alhamdulillah para simbah sampai sekarang memilki tambahan aktivitas, para simbah terlihat tambah sehat, bersemangat dan senang bisa bersosialisasi sesama teman seumuran dan berkegiatan bersama di kebun gizi lansia-nya," kata Ratno 

Tim Unisa sangat mengapresiasi Rumah Zakat yang telah menggulirkan program Kebun Gizi Lansia ini, pihak kampus merasa sangat terbantu dengan model pembelajaran studi lapang di Kebun Gizi Lansia pada Pos Lansia Husnul Khotimah. (ros) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar