Bupati Panen Cabai di Demplot SL Budidaya Cabai Dana Kalurahan Sumberadi

KBRN, Sleman : Bupati Sleman, Hj. Kustini Sri Purnomo melakukan panen cabai rawit di demplot Sekolah Lapangan (SL) Budidaya Cabai Kalurahan Sumberadi, Kapanewon Mlati, Kamis(7/10/2021)

Cabai yang dipanen merupakan  hasil demplot Sekolah Lapangan Budidaya Cabai yang sumber anggarannya berasal dari Dana Kalurahan Sumberadi Tahun Anggaran 2021. 

Bupati mengungkapkan rasa senang dan bangga pada petani Sumberadi yang “nguri-uri” kebudayaan menanam cabai. Karena cabai merupakan salah satu komoditas andalan di Sleman, cabai juga menambah pendapatan sehingga mengurangi defisit Kabupaten Sleman. 

Di sela-sela memanen cabai, Bupati mengajak para petani untuk  mengikuti sistem lelang cabai dalam pemasaran cabainya. 

“Pasar lelang menguntungkan bagi petani, sistemnya sudah baik, harga transparan dan standar se Kabupaten Sleman. Pasar lelang sudah menggunakan sistem online, pembayaran langsung ditransfer ke rekening petani,” terang Kustini. 

Bupati juga  berharap semua petani cabai di Sleman kompak mengikuti pasar lelang agar dapat membentuk harga yang menguntungkan para petani.

Menanggapi harga cabai yang sempat rendah, Bupati menyampaikan agar petani menggunakan perhitungan dan feeling dalam menentukan waktu tanam serta komoditas yang tepat ditanam. Bupati juga menganjurkan untuk menanam dengan sistem tumpangsari, tanaman cabai bisa diselingi terong dan tomat untuk meningkatkan pendapatan.

“Komoditas hortikultura dan lebih khusus cabai dapat menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga petani, apalagi dengan sistem tumpangsari ini akan lebih menguntungkan para petani,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut Bupati juga menerima penyerahan laporan kegiatan Sekolah Lapangan Budidaya Cabai dari Penyuluh Pertanian Lapangan wilayah Kalurahan Sumberadi, Saraswati, S.TP sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan SL Budidaya Cabai Dana Kalurahan Sumberadi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00