Tumbuhkan Perekonomian, Pemkab Kulon Progo Inisiasi Pasar Tani

Ilustrasi peresmian pasar tani (ist)

KBRN, Kulon Progo : Kelompok wanita tani (KWT) yang tersebar di 12 kecamatan di Kulon Progo, disorong agar dapat berpartisipasi dalam pasar tani. Hal ini untuk menumbuhkan perekonomian perdesaan dan pemulihan ekonomi daerah.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Aris Nugraha, mengatakan, sejak bulan September lalu, pihaknya melaksanakan progam pengembangan pasar tani yang dikelola kelompok wanita tani (KWT) di 12 kecamatan.

Program pasar tani tersebut merupakan kelanjutan program GEMPAR (Gerakan Menanam Pangan di Pekarangan).

"Setelah berhasil menanam di pekarangan dan secara swasembad tercukupi kebutuhan pangannya, perlu adanya wadah berupa pasar untuk menjual hasil panen dan olahan pertanian dari produksi yang dihasilkan. Jadi kami kembangkan pasar tani di 12 Kapanewon," kata Aris,Kamis (7/10/2021).

Aris menambahkan, hingga saat ini tercatat ada 22 pasar tani yang tersebar di 12 Kapanewon. Seluruh pasar tani tersebut buka setiap seminggu sekali yakni pada hari sabtu atau minggu. 

"Di Pasar tani ini dijual dagangan yang semua produk lokal. Ada sayuran, buah-buahan, makanan olahan, hingga menjual kerajinan," jelas Aris. (hrn).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00